Kadishub Lutim Gelar Rapat Bersama TNI-POLRI Dan Organda Lutim, Ini Yang Dibahas!

oleh -159 views

LUTIM, RRN – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pergerakan lalu lintas pada masa angkutan lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu timur melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022/1443H Bersama TNI-Polri, Ketua Organda Lutim Hamka/Bob, Wasek Organda Lutim Suardi, PO Bus dan SKPD-SKPD Terkait. Rapat dipimpin Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lutim A.R.Salim, bersama Kabag OPS Polres Lutim, Kasatpol PP Lutim. bertempat di Aula Kantor Bupati Lutim, Senin (25/4/2022).

Sesuai Arahan Presiden Joko Widodo yang mengumumkan, bahwa masyarakat boleh melakukan perjalanan mudik. Warga yang sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga bisa pulang kampung tanpa menunjukkan syarat tes kesehatan.

Sedangkan warga yang belum memperoleh vaksin booster akan diminta menunjukkan hasil tes Antigen atau PCR. Selain mengumumkan pelonggaran perjalanan mudik,”Ujar Kadishub Lutim”.

Dalam rapat tersebut Kadishub menyampaikan bahwa perlunya kesiapan masing-masing penyelenggara dan operator antar moda baik itu darat, laut, maupun udara agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun 2022 berjalan aman, lancar, dan selamat.

Lanjut, pada mudik tahun ini Pihak Pemerintah akan menyiapkan sebanyak 7 Posko untuk Lintas Darat dan 4 Posko untuk Lintas Laut, serta untuk mengantisipasi masyarakat yang belum Vaksin, Pemerintah Penyiapkan Gerai/Pos Pelayanan Vaksin di Posko Tarengge, Malili dan Enggano.

“Kamudian mudik lebaran yang sudah menjadi tradisi di Indonesia tentunya menjadi perhatian khusus Pemerintah, Oleh karena itu perlunya persiapan dan harus memperhatikan prosedur ketentuan yang berlaku serta pentingnya mengutamakan aspek keselamatan penumpang,” ujar A.R.Salim.

Kadishub menambahkan bahwa sudah sepatutnya pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dengan tekat “Bangga Melayani Bangsa” yang menjadi salah satu prinsip dan nilai utama sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada rapat persiapan penyelenggara angkutan lebaran tahun 2022 tersebut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) A.R.Salim menyampaikan paparan bahwa pada tahun ini diprediksi pemudik atau masyarakat yang melakukan mudik akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni sekitar 29 ribuh orang dan membutuhkan Bus Transportasi Sebanyak 87 Unit.

“Sebab dari 2 tahun sebelumnya, ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat melarang untuk penyelenggaraan mudik lebaran, Di tahun 2022 ini Pemerintah Pusat telah memperbolehkan mudik serta telah menetapkan hari libur cuti bersama pada momen lebaran, maka diprediksi bahwa masyarakat yang akan mudik lebaran akan meningkat atau mengalami lonjakan,” ujar A.R.Salim.

Kadishub Lutim pada akhir rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022, Meminta kepada semua pihak baik itu Pemerintah, TNI, Polri, Organda, serta pihak operator angkutan untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan baik agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun 2022 ini berjalan aman, lancar dan selamat.

“Aspek keselamatan terhadap seluruh penumpang harus menjadi yang utama, Selain itu diharapkan kepada semua pihak untuk selalu koordinasi dengan baik kemudian bersama-sama bersinergi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat merupakan hal yang sangat penting,” tutup A.R.Salim.

(JS/AHs/Fadel A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *