Kesbangpol Lutim Gelar Rapat Evaluasi Dengan Partai Politik, Ini Yang Dibahas!

LUTIM, RRN – Kesbangpol Luwu Timur melakukan Rapat Evaluasi Dalam penyusunan Laporan Pertanggung jawaban bantuan Keuangan Partai Politik, Bertempat di Aula Kantor Kesbangpol, Senin (8/7/2024)

Lanjut, Kepala Kesbangpol Luwu Timur Guntur Hafid,S.Pd,M.Si , mengatakan kegiatan ini bertujuan Untuk memberikan pemahaman kepada pengurus partai politik (parpol), terkait penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan, agar kedepannya lebih bagus lagi, dan harus sesuai aturan terkait dana hibah bantuan keuangan partai politik.

Bacaan Lainnya

Ia juga menjelaskan, setiap parpol yang menerima bantuan keuangan sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang parpol, berkewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan dari APBN/APBD kepada pemerintah setelah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pada prinsipnya, lanjut Guntur,  bantuan keuangan kepada parpol ditujukan untuk memperkuat sistem dan kelembagaan parpol melalui alokasi dana yang diprioritaskan untuk menunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat Partai Politik.

“Meskipun bantuan keuangan sudah merupakan hak parpol yang memperoleh kursi di DPRD, namun parpol tetap berkewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban anggaran yang telah diterima dan melaporkan penggunaannya secara transparan dan akuntabel serta tepat waktu,” ungkapnya.

Ia berharap melalui Rapat Evaluasi Ini, penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan  parpol, semua parpol yang telah mendapatkan Dana Hibah dapat mempertanggungjawabkan sesuai dengan tata cara pelaporan dan pertanggungjawaban yang diatur secara teknis dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri.

“Juga memperhatikan catatan-catatan yang pernah diberikan oleh auditor BPK Perwakilan Sulsel terhadap Lpj parpol tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat evaluasi tersebut, Kepala Bidang Politik Kesbangpol Lutim Athira, serta Para Pengurus Partai Politik Se-Lutim. dan disesi terakhir dilanjutkan dengan penyerahan LHKP dari BPK Sulsel.

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *