Aliansi Masyarakat Ussu Gelar Pertemuan Dengan  Manajemen PT PUL, Ini Yang Dibahas!

LUTIM, RRN – Aliansi Masyarakat Ussu (AMU) mengadakan pertemuan dengan manajemen PT Pul di kantor desa Ussu, yang awalnya akan di adakan aksi demo, namun dikarenakan dititik lokasi Aksi ada Orang yang dituakan lagi sakit, akhirnya di tunda dan dilakukan mediasi di Aula kantor Desa Ussu.

Lanjut, Kapolsek Malili AKP Eli Kendek, SH. MH, kemudian berkomunikasi dengan Koorlap aksi unras Mursalim, lalu pihak dari pendemo menyepakati bahwa akan dilakukan pertemuan di Kantor Desa Ussu Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, Senin (27/05/2023).

Bacaan Lainnya

Dan pihak pendemo di terima langsung oleh Kepala Desa Ussu untuk dilakukan pertemuan diaula kantor Desa, antara pihak pengujuk rasa dengan pihak PT PUL, yang difasilitasi oleh pihak pengamanan dan pemerintah Desa Ussu.

Adapun tuntutan para pengunjuk rasa : Mengutamakan kontraktor lokal ring 1 (satu) Ussu, Pemberdayaan penuh dan transparansi ke masyarakat, Menolak kontraktor luar selama masih ada kontraktor lokal ring 1 (satu) Desa Ussu.

Setelah mendengarkan tuntutan para pengunjuk rasa, Pihak managemen PT PUL site Luwu Timur, menyatakan alat yang sebelumnya beroperasi akan diparkirkan dan tidak akan melakukan aktivitas penambangan sampai keluarnya keputusan ataupun perwakilan dari pusat untuk bertemu dan mediasi langsung dengan masyarakat.

Melalui managemen PT PUL site Malili, Dodi mengatakan akan meneruskan dan berkoordinasi dengan Managemen Pusat untuk mendapatkan solusi terkait kontraktor lokal yang ingin bermitra, sementara untuk persoalan tenaga kerja, Dodi menyanggupi usulan warga agar mendapat prioritas terkait tenaga kerja lokal yang harus diberdayakan.

Namun untuk sementara, PT. Pul tidak akan melakukan produksi atau beroperasi sebelum adanya kesepakatan ataupun pertemuan antara managemen PT PUL pusat dengan masyarakat seputar tambang, Tegasnya.

Turut hadir dalam mediasi yang dilaksanakan di aula pertemuan kantor desa Ussu yakni Managemen PT. PUL site Lutim, Direktur PT. RMS, Danramil Malili, Kapolsek Malili, kades Ussu serta ketua BPD desa Ussu.

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *