Ahlan, S.Pd.,M.Pd., Berharap SMK 8 Bombana Dapatkan Perhatian Pemerintah Provinsi Sultra

oleh -132 views

KABAENA, RRN – Ahlan, S.Pd.,M.Pd, bukan hanya seorang kepala sekolah biasa tapi juga merupakan perintis dan pemerhati pendidikan di Pulau Kabena, Kab. Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bayangkan saja, di Pulau Kabaena dialah satu-satunya kepala sekolah yang telah merintis dan membuka tiga (3) satuan pendidikan sepanjang kariernya sebagai kepala sekolah antara Tahun 2010 sampai saat ini (2022).

Tahun 2010 beliau mendirikan SMPN Tangkeno dengan 2 kelas yaitu Kelas I dan Kelas II.

Pada tahun itu juga (2010) membuka SMK 4 Bombana yang terletak di Desa Baliara, Kec. Kabaena Barat.

Pada penerimaan siswa baru di Tahun 2011, sekolah ini kemudian membuka 3 jurusan sekaligus yaitu: Jurusan Pertambangan 2 rombongan belajar (rombel), Jurusan Peternakan 1 rombel dan Jurusan Perikanan 1 rombel.

Dalam perjalanannya, pada Tahun 2016 dan 2017 ketiga jurusan ini mendapatkan Akreditasi B.

Belum puas sampai di situ, Ahlan S.Pd.,M.Pd., kemudian membuka SMK 8 Bombana pada September 2020.

Kali ini, demi persebaran sekolah dia mendirikan sekolah tersebut di Desa Ulungkura, Kec. Kabaena Tengah.

Dengan jumlah siswa sebanyak 91 orang saat ini, SMK 8 Bombana membuka 3 jurusan yaitu Farmasi, Pertambangan dan Pertanian yang tersebar dalam 9 rombel. Tapi sayang sekali, ketiga jurusan ini seluruhnya diajar oleh tenaga honorer. Inilah yang kemudian menjadi keluhan Ahlan.

“Saya sangat mengharapkan kontribusi pemerintah Provinsi Sultra agar dapat menempatkan guru ASN maupun melalui jalur P3K. Karena di sekolah ini kebanyakan tenaga pengajarnya adalah guru honorer,” ujarnya.

Saat ditanya soal bantuan DAK Tahun 2022 ini, Ahlan mengatakan bersyukur karena telah dibangun 6 RKB dan 1 unit Gedung Perpustakaan yang dilengkapi dengan mobilernya

“Satu hal lagi yang menjadi harapan saya pak. Mohon kiranya lewat pemberitaan di Media Radar Reportase News ini, pemerintah membantu kami untuk memenuhi sarana prasarana yang masih belum tersedia di SMK 8 ini, seperti Ruang Praktek Siswa 1 unit dan Laboratorium Komputer beserta komputernya. Semoga bisa terpenuhi pada tahun depan,” tutup Ahlan penuh harap.

(Arifin, SE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *