Bupati Lutim Jadi Narasumber Pada Dialog Nasional Muswil I KKLR BPW Sulsel

oleh -50 views

LUTIM, RRN – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didapuk menjadi narasumber dalam Dialog Nasional yang bertemakan “Kolaborasi & Sinergitas untuk Luwu Raya”. Dialog nasional tersebut merupakan bagian dari Muswil I KKLR BPW Sulawesi Selatan yang berlangsung di Lotus Ballroom, Hotel Four Points Makassar, Sabtu (16/04/2022).

Dialog nasional yang dipandu oleh Drs. Baharuddin Solongi juga menghadirkan narasumber lain yaitu: Prof. Dr. Jasruddin Daud, MA (Guru Besar UNM), Dr. Muchlis Sufri, S.E, M.Si dan Endra Kusuma (PT. Vale Indonesia). Dialog ini diikuti oleh para pemerhati Tana Luwu dan Akademisi se-Luwu Raya.

Sebagai narasumber yang pertama, Bupati Budiman mengatakan bahwa, Tana Luwu adalah merupakan suatu kesatuan sejarah dan budaya. Dan ada satu momen yang tidak dimiliki oleh daerah lain, yaitu walaupun berbeda secara administrasi pemerintahan tapi selalu bertemu di tanggal 23 Januari setiap tahunnya yakni pada perayaan Hari Jadi Luwu (HJL) dan Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL).

“Jika biasanya pada momen tersebut kita hanya berfokus pada kegiatan seremonial saja, maka kini kami menitipkan harapan di Muswil ini agar momen tanggal 23 Januari kedepannya menjadi satu agenda gerakan besar bersatu dalam ekonomi dan bersatu dalam budaya se-Luwu Raya,” ungkap Budiman.

Selanjutnya, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini kemudian memaparkan beberapa program-program strategis yang terangkum dalam City Branding Luwu Timur Inspiring, diantaranya adalah program 1 milyar 1 desa dan program 1 kamar 1 pasien. Selain itu, ada juga kegiatan Jumat Sedekah, Hari Berpakaian Adat dan Rabu Sehat.

“Program-program ini bertujuan agar dapat menjadi semangat untuk meningkatkan karya dan kreativitas. Ini adalah bagian penting untuk mengemas program pemerintah daerah dan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Luwu Timur. Selain itu, kami juga mengajak perusahaan yang ada di Luwu Timur untuk ikut serta dalam program Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan diantaranya yang sudah sementara berjalan adalah dari PT. Vale Indonesia yang akan membangun Bundaran Batara Guru (BBG), Bank Sulselbar dengan penataan kawasan Lapangan Merdeka Malili dan PT. CLM dengan pembangunan kawasan Sport Centre. Saya juga berharap agar program-program yang kami lakukan di Luwu Timur bisa menjadi role model bagi kabupaten lain terkhusus di Luwu Raya,” tandas Bupati Budiman.

(hms/ikp/kominfo-sp/AHs/Fadel A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *