Setiap Hari Jum’at, SMPN 1 Uepai Lakukan Ini

KONAWE, RRN – Hari Jum’at adalah hari yang padat bagi siswa siswi SMPN 1 Uepai yang terletak di Jalan Protokol Kendari – Kolaka, Desa Matahoalu, Kec. Uepai, Kab. Konawe, Sultra.

Ahmad Djauhari, S.Pd., M.Pd., Kepala SMPN 1 Uepai mengatakan bahwa ada tiga agenda rutin yang mereka kerjakan secara bergantian di setiap hari Jum’at. Ketiganya adalah Jum’at Bersih, Jum’at Sehat dan Jum’at Religi.

Di temui di ruang kerjanya, Jum’at, 23/2/24 Jojo, sapaan akrabnya selanjutnya menjelaskan bahwa di Jum’at Bersih anak-anak disuruh membersihkan lingkungan sekolah seperti membabat rumput, membersihkan got atau selokan, membersihkan kaca dan lain sebagainya.

Adapun Jum’at Religi diisi dengan kegiatan-keagamaan dengan menghadirkan pembicara dari tokoh agama seperti pendeta dan ustadz dari luar sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing siswa.

Bagi siswa yang beragama Hindu, pihak sekolah akan mengundang Pendeta dan selanjutnya mengadakan ritual ibadah dan pencerahan yang diadakan di Pura yang berada di lingkungan sekolah. Ada sekitar 160 orang siswa yang beragama Hindu di sekolah tersebut.

Siswa yang bergama Kristen juga ada sekitar 60an orang dan tergabung dalam 1 kelas. Mereka akan mendengarkan khotbah dari pendeta.

“Dan yang terbesar adalah siswa yang beragama Islam yaitu sekitar 200an lebih. Mereka mendapatkan siraman rohani dari ustadz dan ustadzah yang sengaja kami undang dan dibayar oleh pihak sekolah,” ucap Jojo menjelaskan.

Yang tidak kalah menarik adalah kegiatan yang bertajuk Jum’at Sehat.

Siswa akan melakukan kegiatan olah raga berdasarkan minat dan bakat mereka. Ada yang main volly, basket, sepak takraw dan sepak bola.

Ada yang unik dari SMPN 1 Uepai pada kegiatan Jum’at Sehat tersebut. Pihak sekolah telah sejak lama bekerja sama dengan pihak Puskesmas Uepai dalam memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan bagi anak-anak sekolah secara berkala.

Sebagaimana yang diliput oleh beberapa media kemarin, (Jum’at, 23/2), diantaranya Palapa TV, Liputan 4 dan media ini, Radar Reportase News.

Hadir di SMPN 1 Uepai personel dari Puskesmas adalah Yuliana, AM.Keb., selaku Koordinator Program UKS, Mariani, AM.,Keb sebagai Koodinator Promosi Kesehatan, Sukmawati, AMKL., Koodinator Kesehatan Lingkungan, Yustin Ananda Suwardi, A.Md.,Keb., anggota Kespro (Promosi Kesehatan), Halib Lababa, SKM., anggota Kesehatan Lingkungan dan Septi Renita, S.Kep.,M.Kes sebagai Koordinator Program Kesehatan Reproduksi Remaja.

Secara rinci Yuli, sapaan akrab Yuliana menjelaskan bahwa secara berkala personil Puskesmas Uepai memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan, memeriksa kondisi kesehatan siswa dan bahkan memberikan multi vitamin dan obat-obatan termasuk memeriksa kondisi haemoglobin darah bagi para siswi ketika sedang haid.

Kepala Puskesmas Uepai, Jusmina, SKM., melalui Koordinator Program UKS, Yuli mengatakan bahwa kehadiran ke enam skuadnya kali ini adalah dalam rangka mempersiapkan UKS SMPN 1 Uepai yang mewakili Kecamatan Uepai dalam Lomba UKS antar sekolah mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA/SMK se Kabupaten Konawe dalam rangka memeriahkan HUT Konawe Ke-64 Tanggal 3 Maret 2024 mendatang.

(Arya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *