Peduli Bayi Viral Afifah, Komunitas Lari Seukurun Serahkan Bantuan Donasi

oleh -172 views

TOLITOLI, RRN – Tak hanya sekadar prihatin, Komunitas Lari SeukuRUN Tolitoli ternyata juga terpanggil untuk turut membantu keluarga Afifah-bayi viral yang lahir dengan kelainan genetik di Puskesmas Kecamatan Lampasio, (31/12/2022).

Bantuan dalam bentuk donasi dari seluruh anggota komunitas, diserahkan oleh Hi. Agus kepada orangtua bayi Afifah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli, Sabtu (7/1/2023) pukul 13.30 Wita.

“Kami komunitas Lari SeukuRUN terpanggil untuk menggalang donasi guna meringankan beban kedua orangtua bayi Afifah, apalagi mereka ini benar-benar merupakan keluarga kurang mampu. Ini bentuk kepedulian kami,” ungkap Iptu Budi Prasetyo yang juga Kepala Satuan Lalulintas, Polres Tolitoli.

Seperti diberitakan sebelumnya, bayi Afifah lahir di Puskesmas Lampasio dengan kondisi kelainan fisik yang berbeda dari bayi pada umumnya, yakni disebabkan oleh virus Harlequin Icgthyosis. Kelahiran bayi Afifah juga sempat viral di media sosial hingga media televisi nasional.

Afifah lahir dengan sekujur tubuh berwarna putih dan di beberapa bagian merekah hingga membentuk garis. Bagian mata dan bibir bayi itu berwarna merah muda seperti bayi baru lahir. Sedangkan bagian hidung hanya memiliki lubang yang sangat kecil. Hidungnya tidak terbuka, sehingga ia bernafas melalui mulut, sedangkan lubang telinga tertutup.

Dilansir dari sejumlah laman media, bayi Afifah yang merupakan anak dari pasangan Asraf dan Putri, warga Desa Janja, Kecamatan Lampasio, lahir dengan berat 2,2 kg dan berjenis kelamin perempuan.

Kepala Dinas Kesehatan Tolitoli Anjasmara menyebutkan, bayi Afifah hingga saat ini masih dalam penanganan serius tim medis RSUD Mokopido, termasuk penanganan terhadap kedua orangtua bayi. Selain itu, Dinas Kesehatan juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait bantuan sosial untuk keluarga Afifah.

Untuk diketahui, Harlequin Icgthyosis adalah kelainan genetik yang ditandai dengan kelainan pada kulit sejak lahir. Kulit penderita Harlequi Icgthyosis akan kering, tebal dan bersisik di seluruh badan. Penyakit ini disebabkan kelainan genetik yang diturunkan dari orangtua.

Saat proses pembentukan organ dalam kandungan, kelainan gen itu menyebabkan jaringan kulit terbentuk secara tidak normal. Hingga kini belum ada obat atau penanganan medis yang bisa memulihkan penderita Harlequin Icgthyosis.

(ASR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *