Hutan Pinus di Bastem Utara Kabupten Luwu Terbakar, Personil Polsek Bastem Sibuk Memadamkan Api

oleh -212 views

Bastem – Sejumlah Personil Polsek Bastem Polres Luwu bersama TNI (Koramil Bastem) dan warga setempat bahu membahu lokalisir meluasnya api yang membakar hutan pinus di perbatasan Kab. Luwu dan Kab. Toraja Utara, Kamis (24/10/2019).

Hutan pinus seluas kurang lebih 5 Ha yang terletak di perbatasan Dusun Mongsia Lembang Sanggalangi Kec.Rante Bua Kab.Toraja Utara dengan Dusun Timbangan Desa Taba Kec. Bastem Utara Kab.Luwu, telah habis terbakar.

Kebakaran hutan punus berawal pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019, di Dusun Mongsia Lembang Sanggalangi Kec. Rante Bua Kab.Toraja Utara, dan api merambat ke hutan pinus yang berada di Dusun Timbangan Desa Taba Kec. Bastem Utara Kab.Luwu,

Untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan Kapolsek Bastem AKP. Syamsuddin bersama anggotanya, TNI (Koramil Bastem) dan warga setempat menyekat meluasnya kebakaran yang lebih luas ke wilayah Kab. Luwu.

Sumber sangat jauh dan Pemadaman api yang dilakukan dengan alat seadanya tidak dapat memadamkan api, Kamis 24/10/2019 sekitar pukul 00.30 wita, terjadi hembusan angin kencang hingga api membesar dan membakar tumpukan kayu kering bekas tebangan, dan api terus menjalar membakar hutan pinus.

“Kami bersama anggota TNI dan warga setempat siaga menjaga meluasnya kebakaran dengan melakukan penyekatan, sesaat sempat api mengecil, namun kemudian datang angin kencang, dan api membesar serta membakar tumpukan kayu kering bekas tebangan, hingga akhirnya api membesar, kurangnya sumber air dan tidak adanya peralatan pemadaman menyulitkan untuk melokalisir meluarnya kebakaran” ujar AKP. Syamsuddin.

“Sudah dikoordinasikan dengan pihak BPBD kab.Luwu, namun hingga saat ini belum datang” imbuhnya.

Hinghga berita ini dirutunkan api belum dapat dipadamkan, Personil Polsek Bastem, Koramil Bastem dan warga setempat bersiaga, menjaga meluasnya kebakaran dengan melakukan penyekatan. (Sufri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *