Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 Digelar hari ini

oleh -

WAJO, RRN—Upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2019 bertempat di Lapangan Kantor Bupati Wajo, Selasa 28 Oktober 2019 berlangsung Upacara gabungan dari instansi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional dengan tema “Dengan semangat Sumpah Pemuda kita jaga persatuan demi keutuhan NKRI.”

Yang bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Wajo Dr. H.Amran Mahmud, S.Sos, M.Si , Komandan upacara Muh.Yunus, sedang Perwira upacara Kapten Inf Jufriadi yang merupalan Pasi OPS kodim 1406/Wajo.

Dengan jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan sekitar 1500 orang, diantaranya , 1 SST Kodim 1406/Wajo ,1 SST Polres Wajo, 1 SST Anggota Satpol PP Wajo,1 SST Anggota Dishub Wajo, 1 SST Anggota Damkar Wajo, 33 SST ASN dari jajaran Pemkab Wajo, 2 SST Mahasiswa Akper dan Akbid Pemda Wajo, 4 SST Siswa Siswi Sman Kab.Wajo, 2 SST Siswa Siswi SMPN Kab.Wajo, 2 SST Pakaian adat Kab.Wajo(Pemuda – Pemudi), Korsik Pemda Wajo, dan kelompok penyanyi dari SMUN 7 Wajo.

Adapun rangkaian kegiatan pada Upacara kali ini agak berbeda dari Upacara sebelumnya dimana ada Parade pakaian adat Nusantara oleh Pemuda Pemudi Kabupaten Wajo.
Serta Pembacaan keputusan kongres pemuda, dan Pembacaan teks keputusan kongres pemuda pemudi Indonesia tahun 1928.

Dan sebagai acara inti adalah amanat Pembina upacara yaitu amanat seragam dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan oleh Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. yang menyampailan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” kata Bupati Wajo.

Dan disampaikan kalau pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Lanjut disampaikan kalau Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” harap Dr. H. Amran Mahmud.

“Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” Bupati Wajo menambahkan.

Dikatakan kalau gerakan revolusi mental menemukan elevansinya, dengan pembangunan karakter bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi, tapi harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan-lah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ajak Dr. H. Amran Mahmud.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” Bupati Wajo menambahkan diakhir sambutannya.

Hadir dalam Upacara ini diantaranya :
Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud, S.Sos, M.Si bersama Ibu, Wakil Bupati Wajo H.Amran , SE bersama ibu, Ketua DPRD Kab.Wajo H.Andi Muh.Alauddin Palaguna, S.Sos bersama ibu,
Kapolres Wajo AKBP. Asep Marsel Suherman, S.IK bersama Ibu, Dandim 1406/Wajo diwakili oleh Kapten Inf Baharuddin ( Danramil 1406 -01 Tempe, Sekda Wajo H.Amiruddin, S.Sos, MM, Ketua pengadilan Agama Sengkang Hj.Heriyah, SH, MH, Anggota DPRD Kab.Wajo, Asisten 2 , Para kepala SKPD Kab.Wajo beserta staf, Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 1406/Wajo, Camat Sekab.Wajo, dan Para kepala seksi dan Kepala Bagian instansi Kab.Wajo.

(SAR)

Sumber:Humas Pemkab Wajo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *