Pasukan Penegak Covid-19, Walikota: Inpres, Kemendagri, Perwal Sebagai Dasar Hukum

oleh -443 views

KOTA PALOPO, RRN – – Walikota Palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir MH., memimpin apel pelepasan pasukan penegak disiplin covid-19 Penerapan Perwal No.10 Tahun 2020, yang digelar di halaman kantor Walikota Palopo. Senin, 14 September 2020.

Peserta pelepasan pasukan tersebut terdiri dari Polisi Pamong Praja (Pol PP) yang dibackup Personil Polres Palopo dan Kodim 1403 Sawerigading.

Dalam amanatnya menyampaikan selamat bertugas kepada para penegak disiplin penerapan protkes covid’19.

Hari ini kita laksanakan tugas untuk mengajak warga Kota Palopo, lebih disiplin lagi dalam menghadapi covid 19 ini. ” Ujar Walikota.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di Palopo, saat ini, yang terkonfirmasi covid berada diatas 100 orang, meninggal sudah 8 orang.

Untuk itu, kita patut berpikir dan bertindak untuk bisa mengatasi masalah ini. ” Ungkapnya

Saat ini sudah ada Instruksi Presiden dan Keputusan dari Kemendagri (tindak lanjut dari kepres itu), bahwa Peraturan Kepala Daerah (Peraturan Gubernur/Walikota), terutama peraturan yang terkait dengan sanksi, itu jelas didalamnya.

Disebutkan dalam Instruksi Presiden, kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Mendagri bahwa Keputusan Gubernur, Walikota /Kepala Daerah itu bisa digunakan untuk menetapkan denda. Bisa sebagai dasar hukum untuk melakukan denda dalam bentuk pembayaran uang kepada masyarakat. ” Jelas Judas Amir

Jadi hari ini, mungkin bisa sekaligus kita sosialisasikan kepada masyarakat. jika perlu, kita berikan salinan Inpres dan Keputusan Mendagri sebagai tindak lanjut dari Inpres, dan juga Perwali Palopo No 10 Tahun 2020.

Itu sejalan semua, dan semoga ada hasilnya dari upaya yang kita lakukan. Tugas kita ini, bisa mendapatkan manfaat besar bagi masyarakat Kota Palopo. ”  Pungkasnya

Seusai apel, tim penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 langsung action di lapangan, menyasar warga masyarakat dan fasilitas-fasilitas publik. Kali ini, tim terbagi 4 (empat) tim yang menyasar sekitaran daerah Pusat Niaga Palopo di JL. Mangga, Jl. Ahmad Dahlan, dan Jl. Rambutan serta bagian pintu utama sebelah timur PNP.

(Hms/Bang yoga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *