KPUD Lutim Gelar Rakor, Ini Yang Dibahas!

oleh -129 views

LUTIM, RRN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur kembali menggelar Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, di Media Center Kantor KPU Luwu Timur yang dihadiri Bawaslu Luwu Timur, Koramil 15 Malili, Polres Luwu Timur, Kesbangpol Luwu Timur, Kementerian Agama Luwu Timur, Dinas Pendidikan Luwu Timur, serta pengurus Partai Politik, Rabu (30/06/2021).

Dipimpin langsung Ketua KPU Luwu Timur dalam sambutannya, Zainal mengatakan maksud dari pertemuan hari ini adalah bahwa Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan merupakan salah satu perintah dari Undang-Undang No.7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum untuk melaksanakan Daftar Pemilih Berkelanjutan.

“Dengan adanya Undang-Undang itu maka KPU Luwu Timur akan selalu melaksanakan proses pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, ini bermaksud bahwa sejak awal proses ini kita kawal bersama-sama, sehingga nanti pada saat tiba tahapan pemilu itu tidak lagi kita bekerja ekstra karena sudah dari awal kita kawal prosesnya”, Ucap Zainal.

Zainal menambahkan meskipun nantinya pada tahapan pemilu, tetap ada proses pencoklitan pada pemutakhiran data, tetapi kerna adanya data ini yang sudah kita olah dari awal, itu sudah bisa membantu kita untuk melakukan verifikasi baik secara administrasi maupun secara faktual.

“Mudah-mudahan kerna hadirnya dan kerjasamanya kita semua dari pihak terkait (Stakeholder) mengawal proses ini sejak awal itu bisa mencapai 100% kesempurnaan itu mungkin tidak mustahil kita dapat, karna data pemilu itu adalah data yang sangat dinamis, jika nanti 100% Daftar Pemilih ini yang kita lahirkan itu bisa meminimalsilirkan persoalan-persoalan data pemilih ini”, Tutup Zainal.

Sementara itu Anggota KPU Luwu Timur Div.Perencanaan, Data & Informasi Hastuti mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerima masukan tanggapan, dan saran dari berbagai pihak pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

“Saya berharap para pihak terkait (Stakeholder) dapat memberikan saran dan pendapat terkait pelaksanaan proses DPB ini, sehingga hasil dari rapat Koordinasi ini akan kita lakukan rekap dan Pleno ditingkat KPU (Internal) untuk menghasilkan rekap DPB untuk periode Juni”, Sebut Hastuti.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Luwu Timur Rachman Atja, mengatakan Daftar Pemilih Berkelanjutan ini merupakan tugas pokok yang diharuskan KPU untuk melaksanakan ini dan diawasi secara langsung oleh semua pihak yang terkait.

“Daftar Pemilih Berkalanjutan ini merupakan tanggungjawab kita semua, jika semua terlibat dan bekerja sama dengan baik terkait DPB ini tingkat kesalahan data pemilih ini pasti sangat kecil”, Tegas Rachman Atja.

Selain itu Ketua Bawaslu juga berharap dengan adanya group Bakohumas, bisa menambah lagi tingkat koordinasi sesama instansi baik itu informasi dari KPU maupun dari instansi lain.

Seperti yang diketahui Rapat Koordinasi ini di mulai pukul 13.00 WITA, dan menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19, serta dilaksanakan per tiga bulan.

(AHS/Fadel A)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *