HMI Soroti Kasus Stunting Di Tolitoli Yang Meningakat Pesat

oleh -255 views

TOLITOLI, RRN – Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat ke kurangan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Ardan Ketua umum himpunan mahasiswa islam cabang tolitoli sangat menyayangkan ketidak sigapan pemerintah terkait dalam menangani kasus stunting di kabupaten tolitoli yang setiap tahun nya semakin meningkat.

“Mirisnya jumlah kasus stanting di kabupaten tolitoli meningkat di tahun 2020 kemarin di angka 21 kasus kini sudah mencapai 51 kasus stanting di tahun 2022 dan informasi yang di dapat bahwa penderita gizi buruk tersebut umumnya tergolong keluarga miskin” ujar ardan ketua umum hmi cabang tolitoli.

Aljufri selaku katua bidang pembinaan aparatur organisasi HMI cabang tolitoli juga menambahkan seharusnya ini menjadi perhatian utama pemerintah daerah karna ini menyangkut kehidupan dan keberlangsungan sumber daya manusia yang berada di kabupaten tolitoli.

“ini karna ketidak pekaan pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan kasus stanting di kabupaten tolitoli yang seharusnya hal tersebut menjadi skala prioritas karna menyangkut persoalan SDM di kabupaten Tolitoli” ujar aljufri selaku kabid PAO hmi cabang tolitoli.

Untuk menyikapi masalah stunting tersebut Ketua HMI akan mendiskusikan bersama organisasi perangkat daerah (opd).

“untuk menyikapi problem tersebut dalam waktu dekat ini HMI akan mengakat masalah ini dan membicarakannya dengan OPD terkait” ujar ardan.

Ardan juga menambahlan bahwa alokasi dana stunting ini cukup besar.

“peningkatan kasus stanting di tolitoli padahal alokasi dana untuk kesehatan cukup besar dan juga mengacu pada uu kesehatan nomor 36 2009 setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kesehatan” ujar ardan.

(Adrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *