Mantan Kades Anggolohipo Telah Berbuat Banyak Meski Dengan Masa Jabatan Yang Begitu Singkat

oleh -167 views

KONAWE UTARA, RRN – Desa Anggolohipo, Kec. Andowia, Kab. Konawe Utara (Konut) adalah salah satu desa di antara 4 desa lainnya di Konut yang mengikuti Pemilihan Antar Waktu (PAW).

Artinya para kades di empat desa tersebut hanya menjalani masa jabatannya selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan saja (dilantik Januari 2020 dan berakhir Juni 2021)

Maswan (47), mantan Kades Anggolohipo adalah salah satu kepala desa yang menjalani masa jabatannya yang begitu singkat. Yaitu hanya selama 18 bulan (1,5 tahun)

Namun apa yang telah diperbuat oleh Maswan untuk desanya mampu mengalahkan para kades lain di Konut bahkan di luar Konut dengan masa jabatan yang full atau normal yaitu 6 tahun sesuai UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pada masa jabatannya yang begitu singkat, Maswan sudah banyak berbuat dalam merealisasikan DD Tahun 2020 Tahap I, II, dan III. Tapi di Tahun 2021, hanya Tahap I yang sempat dia cairkan dan realisasikan kegiatannya, sementara Tahap II dan III dicairkan oleh Tarmin, S.Pd., Pj Kepala Desa Anggolohipo saat ini.

Saat dikonfirmasi di rumahnya, Senin (18/4/2022), Maswan mengatakan bahwa realisasi DD Tahun 2020 Tahap I, II dan III adalah berupa:
1. Bantuan Perumahan bagi warga yang dimulai dari pembuatan pondasi, lantai, dinding sampai pengatapan sebanyak 9 unit.
2. Rehab Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 5 unit.
3. Pengadaan Lampu Jalan 50 unit.
4. Pengadaan KWH untuk rumah-rumah yang belum ada jaringan listriknya sebanyak 10 unit.
5. Pengadaan bibit durian sebanyak 1.200 pohon.

“Semua sudah saya realisasikan bahkan dengan pembagian BLT dan honor aparat lainnya,” ucap Maswan

“Adapun di Tahun 2021 saya telah membagi-bagikan sapi sebanyak 18 ekor, melanjutkan program pengadaan KWH sebanyak 10 unit dan pengadaan kursi kantor sebanyak 200 unit,” pungkasnya.

Lebih hebatnya lagi, Maswan sempat membangun masjid permanen yang lumayan besar dengan ukuran 12 x 12 meter tanpa ada bantuan dari Pemda Konut sebagai mana masjid-masjid di desa yang mendapatkan bantuan lewat Kabag Kesra Pemda Konut. Ia membangun masjid itu sampai sekitar 75% yang kemudian pembangunannya dilanjutkan oleh Tarmin, S.Pd.
Masjid Al-Ikhlas Desa Anggolohipo, Kec. Andowia, Kab. Konut, Sultra

Maswan adalah kepala desa yang masih sangat dicintai masyarakat Desa Anggolohipo meski hanya memimpin seumur jagung.

Dia bahkan mampu mengusul dan memperjuangkan sumber air bersih untuk warganya lewat Program Pamsimas dan masyarakat Anggolohipo pun telah menikmatinya sampai saat ini.

Cara dia memimpin dan cara dia menggalang kesadaran warganya untuk bersama-sama membangun desanya memang patut diacungi jempol.

Di sinilah warga Desa Anggolohipo patut bersyukur dan berterima kasih kepada Maswan yang meski memimpin desa itu hanya sebentar namun telah banyak menorehkan prestasi dan meninggalkan begitu banyak kesan dalam upayanya meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakatnya karena telah begitu banyak memberikan bantuan dan bukan mementingkan pembangunan fisik sebagai sarana berbagi keuntungan.

(ARIFIN, SE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *