Walikota Palopo Buka Festival Keraton Nusantara (FKN) EXPO 2019

PALOPO, RRN — Walikota Palopo, Drs. HM Judas Amir, MH., secara resmi membuka Festival Keraton Nusantara (FKN) EXPO 2019 di Pelataran Gedung Saodenrae Convention Center (SCC) Kota Palopo, Sabtu (7/9/2019).

FKN Expo 2019 ini juga dirangkaikan dengan Pentas seni dan Budaya di Lapangan Gaspa Kota Palopo yang menampilkan kesenian tradisional dan modern oleh seniman lokal dan Nasional.

Datu Luwu, Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, dalam sambutannya menyampaikan, merasa sungguh terkejut dengan pameran ini karena pameran ini melambangkan bersatunya Pemerintah Kota Palopo, Kesatuan Luwu, Bija to Luwu dan masyarakat Kota Palopo.

“Malam ini kita bersama menyaksikan Perhelatan Festival Keraton Nusantara yang ke XIII yang di percayakan dan dibudayakan di tana luwu”.

Serta ucapan terima kasih disampaikan Datu Luwu kepada seluruh masyarakat Kota Palopo dan menghimbau agar kita bersama menyukseskan FKN ini karena ini adalah amanah bagi kita dan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, kita tunjukkan jika orang luwu berbudaya.

Sambutan Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir sekaligus membuka FKN Expo 2019 mengucapkan Selamat datang kepada para Raja, Sultan se-Nusantara bersama permaisuri beserta rombongannya di Kota Palopo.

“Saya ingin mengajak seluruh warga Palopo, masyarakat Tana luwu, mari memperlihatkan bahwa kita memang bersuka cita menyambut FKN ke XIII ini, dengan menyambut baik kepada para tamu kita, kepada raja dan sultan bersama rombongan bahwa kita disini sangat berbahagia dengan kedatangan mereka” ungkapnya.

“Kita harus sadar saat ini, bahwa tamu kita yang hadir adalah orang yang terhormat di daerahnya masing-masing. “Kita harus menjaga kehormatan para tamu kita ini, kita layani dengan sebaik-baiknya, yang kita harapkan adalah jika mereka di hormati sekali didaerahnya maka kita hormati setinggi-tingginya”.

FKN EXPO tahun 2019 ini di tandai dengan pemukulan Gong oleh Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH., yang didampingi Sri Paduka Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, dan Ketua Panitia FKN XIII Tahun 2019.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke stand Expo yang diawali dengan kunjungan ke stand pameran benda pusaka. Stand yang mengikutijumlah Pameran FKN Expo ini ada sekitar 50 stand dengan menampilkan pameran unsur Budaya, Ekonomi,Kopi, jajanan khas, serta benda Pusaka.

Hadir dalam FKN EXPO 2019 Wakil Ketua FKN XIII 2019, Dr. Suaedi Fachruddin, Para Raja, Sultan se-Nusantara bersama Permaisuri dan seluruh rombongan, seluruh jajaran Pemerintah Kota Palopo, Pimpinan Daerah se-Indonesia, & peserta pameran FKN XIII 2019.

(Yoga/Rin)

Sumber:Humas Pemkot Palopo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *