UNM Jurusan Kimia Fakultas MIPA, Laksanakan PKM Pembuatan Dodol Di Takalar

oleh -42 views

TAKALAR, RRN—Dosen Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar Melaksanakan PKM Pembuatan Dodol Kacang Hijau pada Masyarakat Kelurahan Canrego Kabupaten Takalar

Tim dosen kimia UNM sedang membawakan materi tentang pembuatan dodol kacang hijau di hadapan masyarakat Kelurahan Canrego Kab.Takalar

Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui salah satu programnya yaitu Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Dan Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara terpadu oleh tim dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM di Kabupaten Takalar. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dr.H Abdul Rahim M.Pd pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 di SMAN 2 Takalar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNM, Dr. Muhammad Anwar M.Si sekaligus memberikan sambutan mewakili tim pengabdi Jurusan Kimia FMIPA UNM.

Serta dihadiri oleh mitra kegiatan PKM yakni Kepala Sekolah SMAN 2 Takalar (Dra.Rosmala) dan para guru serta Kepala Kelurahan Canrego Kec.Polombangkeng Selatan Kab Takalar (Muhiddin SH).

PKM Pembuatan Dodol Kacang Hijau diketuai oleh Diana Eka Pratiwi, S.Si, M.Si dengan anggota Dr. Hasri, M.Si dan Sitti Faika, S.Si, Apt., M.Sc, Ph.D. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah masyarakat Kelurahan Canrego Kabupaten Takalar yang berkesempatan untuk mendapat pelatihan pembuatan dodol dari kacang hijau.

Lanjut, Praktek pembuatan dodol kacang hijau bersama masyarakat Kelurahan Canrego Kab.Takalar

Kabupaten Takalar merupakan salah satu sentra produksi kacang hijau di Sulawesi Selatan, Selama ini masyarakat mengolah kacang hijau menjadi bubur dan campuran sayuran, Dalam pelatihan ini dipaparkan materi mengenai alternatif lain mengolah kacang hijau menjadi produk yang bernilai jual tinggi, sehat dan tentu saja lezat.

Selanjutnya dijelaskan tahapan dalam pembuatan dodol kacang hijau dan diakhiri dengan praktek pembuatan dan pengemasan dodol kacang hijau yang menarik dan hiegienis, yang telah dikemas dan diberi label.

(Hardin/Rustam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *