Pasca Kimia UNM Berikan Pelatihan Dan Pembuatan Pupuk Organik Serta Media Tanam Di Kabupaten Gowa

oleh -43 views

GOWA, RRN—Program pengabdian PKM Program pascasarjana bekerjasama LP2M UNM, yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdi yang ketuai Dr. Mohammad Wijaya. S.Si, M.Si, dengan anggota Tim Dr.Muhammad Anwar, M.Si dan Dr. Netti Hearawti, S.Pd, M.Si telah melaksanakan kegiatan berupa pelatihan dan pembuatan pupuk organic dan media tanam.

Dan Pelaksanaan PKM ini ini dilakukan di Desa Pallantikang Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan, pada Hari Jumat (4 Juli 2021).

Lanjut, Desa Pallatikang Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, sudah berlangsung selama 7 Tahun, Menurut salah satu Pemilik usaha Tanaman hias Bapak Rahman, baik masa pandemic covid 19 maupun sebelum pandemic Covid 19.

Tingkat masyarakat untuk memelihara dan membeli tanaman pangan dan hias sangat tinggi, apalagi pengunjung yang datang saat ramai pada hari jumat, sabtu dan minggu, Jumlah yang berkunjung dan membeli sangat tinggi.

Lokasi usaha tani untuk tanaman hias dan buah sangat dekat lokasi Golf Pattalassang, dimana sering dilalui beberapa kendaraan yang mau bermain golf maupun berkunjung lokasi budiaya tanaman hias.

Selain usaha budidaya tanaman hias, kebanyakan masyarakat juga memelihara ayam dan bebek, juga budidaya tanaman palawija seperti jagung, terong dan cabe, Serta peternakan sapi, yang mana sapinya dilepas di lahan sawah dan kebun.

Usaha budidaya tanaman hias dan palawija oleh Mitra kelompok tani Tamalayu yang terletak di Dusun Borongloe pada saat ada masyarakat yang sakit dan terkena musibah, maka masyarakat akan selalu melakukan kunjungan ke rumah sakit dan rumah agar selalu termotivasi dan semangat dalam proses kehidupan.

Dan tim pengabdi UNM melakukan pembagian masker kepada masyarakat, Tim pengabdi melakukan pelatihan dan pembuatan pupuk organic dan media tanam dengan mempraktekan cara mengolah pupuk organic dari limbah pertanian dengan cara proses pengomposan dan penambahan EM4 , kemudian dilakukan proses pengolahan. Setelah pupuk organic sudah jadi.

Maka di masukkan ke dalam media tanam untuk dilakukan uji coba untuk tanaman hias dan tanaman cabe . Dalam pupuk organic mengandung unsur hara makro dan unsur hara mikro yang sangat baik di butuhkan oleh tanaman.

Apalagi kandungan kimia C, N O dan P sangat penting untuk proses pertumbuhan tanaman, Sedang Fungsi arang sebagai pengabsorbsi dan penyerap logam berat
Menurut Moh wijaya (Alumni S3 PSL IPB Bogor). bahwa Pemanfaatan limbah sekam padi yang ada disekitar lokasi tanaman hias yang mudah dilakukan dijadikan sebagai arang.

Lanjut, Teknologi pembuatan arang sangat sederhana dan murah serta mudah dilakukan, Sifat fisik sekam padi menandakan bahwa bahan tersebut mempunyai kadar silica yang tinggi dan baik digunakan sebagai arang, dan sangat cocok di campurkan unsur lain untuk dijadikan media tanam pada tanaman hias.

Padahal kebutuhan energi untuk masyarakat sanga ttinggi, terutama saat ini dimana harga minyak semakin melambung. Beberapa kondisi lingkungan Desa Pallantikang, dimana pada saat kemarau, air sulit di peroleh untuk menyiram tanaman hias dan palawija, terus tempat penyimpanan berbagai jenis tanaman pangan dan hias belum tertata dengan baik, kemudian kelangkaan ampas teh sebagai sumber carbon dan nitrogen pada proses penyerapan tanaman pada akar agar cepat tumbuh serta belum adanya upaya mitra untuk melakukan inovasi dengan media digital, agar masyarakat bisa cepat akses kebutuhan tanaman hias sehingga desa Pallatikang bisa dijadikan desa pangan dan lingkungan Dalam rangka memaksimalkan peningkatan nilai ekonomis tanaman hias dengan memanfaatkan potensi limbah sekam padi dan limbah kayu untuk dijadikan campuran pupuk organic, arang dan pestisida sehingga bisa di jual secara online dengan cara pemesanan lewat WA dan Onlin.

Dan Menurut Prof Dr.Muhammad Danial, M.Si selaku Ketua Prodi S2 Pendidikan Kimia, yang turut hadir langsung bersama tim pengabdi, bahwa kegiatan pelatihan ini sangat baik untuk masyarakat terutama petani dan warga yang gemar menanam dan memelihara tanaman hias di tenagh pandemic covid 19, sehingga taraf kesejakteraan masyarakat bisa lebih meningkat.

Pelaksanaan kegiatan PKM mendapat dukungan oleh Ketua LP2M Universitas negeri Makasasar Bapak Prof. Dr.H. Bakhrani A.Rauf M,T. pada kesempatan ini, ketua LP2M menyampaikan amanah dan pesan Rektor UNM Prof.Dr.Ir.H. Husain Syam. M.TP, IPU.ASEAN Eng. yang menekankan bahwa setiap dosen UNM selalu melakukan kegiatan pengabdian dengan mengedepankan sisi inovasi dan kreatifitas untuk menciptakan terobosan baru dan meningkatkan kesejekteraan petambak garam dalam setiap pelaksanaan pengabdian ini.

Pelaksanaan kegiatan PkM ini Berkat kerjasama Direktur Program Pascasarjana UNM lewat PNBP Pascasarjana dengan Pemerintah desa selaku Kepala Desa Pallantikang Kec. Pattalasaang Kab. Gowa dan Ibu Ketua Kelompok tanaman hias Ibu Daeng Sekkeng berharap dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kesejakteraan petani tanaman hias dan cabe dan lingkungan Desa tersebut agar lebih sejaktera , adil dan makmur.

(Hardin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *