Teladani Kisah Nabi Ibrahim Alaihhissalam, Kenalkan Anak tentang Ibadah Haji

oleh -164 views

TOLITOLI, RRN – Wajah semringah dan ceria ratusan murid sekolah Pendidikan Anak Usia Dini, nampak terlihat jelas saat mengikuti pelatihan manasik haji cilik yang digelar PAUD Terpadu Al-Wahdah Tolitoli, di Pantai Gaukan, Rabu (11/1/2023) pagi.

Meski sempat diguyur hujan deras, namun semangat para bocah yang berasal dari sejumlah sekolah PAUD di Kecamatan Baolan ini, tidaklah pudar. Bahkan mereka sangat antusias mengikuti setiap tahapan kegiatan pelatihan.

Ketua Panitia manasik haji cilik Nurjannah Bantilan.S.Pd., menyebutkan, peserta pelatihan berasal dari 8 Paud dan sekolah dasar. Tercatat, sebanyak 200 peserta mengikuti pelatihan, 188 terdaftar dan sisanya tidak langsung mendaftar namun ikut berpartisipasi dalam pelatihan.

“Melalui kegiatan ini, tentunya kami sangat berharap Ridho Allah Subhanahu Wataalla, kemudian dalam rangka memperkenalkan rukun Islam ke-5 yakni haji kepada anak usia dini, dan bisa memberi motivasi kepada para orangtua yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji, termasuk bisa menstimulus anak sejak dini dengan membentuk dan mengembangkan karakter anak,” urainya.

Nurjannah Bantilan merincikan, pelatihan manasik haji cilik bertujuan untuk menanamkan sifat religius terhadap anak usia dini, sekaligus mengenalkan Rukun Islam ke-5 yakni menjalankan ibadah haji, mengenalkan diri terhadap norma-norma keagamaan yang kuat sejak dini, mengenalkan kisah Nabi Ibrahim Alaihisalam yang menjadi awal mula perintah berhaji, menambah rasa syukur kepada ALLAH Subhanallahu Wata’ala dengan mengenalkan pelaksanaan ibadah haji sebagai rukun islam ke-5 melalui praktik langsung, mempererat ukhuwah Islamiyah sesama siswa guru dan orangtua murid, membentuk dan mengembangkan karakter anak usia dini, memberikan pengalaman dan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa PAUD sedini mungkin tentang kewajiban haji bagi setiap muslim.

“Anak-anak usia 4 hingga 6 tahun memiliki daya ingat yang kuat, melalui kegiatan ini diharapkan pula bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan melaksanakan ibadah haji,” lengkapnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Tolitoli Usman Taba. SE.M.si., melalui Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Harton Y Daus S.Pd,MM., menyampaikan apresiasinya PAUD Terpadu Al-Wahdah yang telah melaksanakan pelatihan manasik haji cilik.

(ASR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *