Sekolah Kelas Jauh Desa Kongkomos Berdindingkan Kayu Berlantaikan Tanah

oleh -141 views

TOLI-TOLI, RRN – Sekolah Berdinding kayu yang sudah lapuk dan berlantai tanah. Begitulah kondisi ruang kelas sebuah sekolah dasar (SD) kelas jauh dusun alisang desa kongkomos Kabupaten tolitoli Sulawesi tengah.

dalam sekolah yang sederhana itu terdapat 3 ruang kelas, Ruang tersebut menjadi tempat menimba ilmu sejumlah siswa yang diajar oleh 2 guru honorer.
Sekolah dasar (SD) 4 basi kelas jauh tersebut dibangun sejak tahun 2013 lalu. Pembangunannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar, yang membutuhkan tempat menimba ilmu bagi anak-anak mereka. Karna sekolah induk mereka sangat jauh hingga kiloan meter.

Salah satu orang tua siswa berharap agar sekolah SD kelas jauh desa Kongkomos bisa menjadi perhatian pemerintah agar anak-anak mereka mendapat fasilitas belajar yang layak.

“Besar harapan saya sebagai orang tua yang anaknya sekolah disini agar pemerintah membantu untuk memperbaiki sekolah SD kelas jauh ini, supaya layak dipake untuk belajar oleh anak-anak dusun alisang” ujar daeng masita selaku orang tua siswa.
Tolitoli, Senin (22/11/2021).

Hingga kini pemerintah setempat belum tergerak memberikan bantuan yang layak untuk kelas jauh ini kecuali bangunan yang belum usai.

“Ada bangunan dari anggota dewan tapi itu hanya sisa anggaran sehingga bangunan itu tidak selesai” Ujar salah satu guru.

Kondisi sekolah sd 4 basi kelas jauh ini sangat memperihatinkan. merupakan potret nyata Kesenjangan dunia pendidikan di Tanah Air masih sangat miris.

(Adrianto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *