Rumah Bersama PSKS Kabupaten Tolitoli Diresmikan

oleh -139 views

TOLITOLI, RRN—Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding membuka sekaligus meresmikan Rumah Bersama Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) hasil binaan Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli bersama 10 (sepuluh) Lembaga Sosial Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Tolitoli, yang dilaksanakan di Serambi Utama Kantor Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli, Rabu (13/11/2019) pagi.

Sebelum meresmikan Sekretariat Bersama PSKS, Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kesejahteraan sosial merupakan suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan hidup yang layak bagi masyarakat, sehingga mampu mengembangkan diri dan dapat melaksanakan fungsi sosialnya yang dapat dilakukan baik oleh pemerintah, pemerintah daerah maupun masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial.

Pembangunan kesejahteraan sosial ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan Nasional dimana pembangunan kesejahteraan sosial berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup Bangsa Indonesia.

Hal ini karena pada prinsipnya konstruksi pembangunan kesejahteraan sosial terdiri atas serangkaian aktivitas yang direncanakan untuk memajukan kondisi kehidupan manusia melalui koordinasi dan keterpaduan antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terang Wakil Bupati.

Olehnya itu, Pemerintah Daerah sangat menyadari bahwa tanpa peran serta masyarakat mustahil permasalahan sosial dapat ditangani sesuai yang diharapkan.

Untuk menanganinya tidak ada pilihan lain, semua unsur masyarakat yang di dalamnya termasuk seluruh potensi dan sumber kesejahteraan sosial harus bersatu padu, bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di dalam pembangunan kesejahteraan sosial untuk menjadikan masyarakat di daerah tercinta ini semakin sejahtera.

Menurut Wakil Bupati, rumah sekretariat bersama merupakan tempat berkumpulnya berbagai elemen masyarakat dalam mendukung tercapainya kesejahteraan sosial di daerah tercinta ini.

Olehnya itu, saya harapkan tempat ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam menggalang kekuatan sumber potensi kesejahteraan sosial. Jadikan tempat ini sebagai sarana berkumpul dan bertukar pikiran guna melahirkan ide cemerlang dalam membangun Kabupaten Tolitoli ke arah yang lebih baik.

Wakil Bupati berharap kepada seluruh perangkat daerah untuk melakukan sinkronisasi program dan kegiatan yang mendukung pembangunan kesejahteraan sosial.

Buang jauh-jauh ego sektoral karena pembangunan kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab yang harus dipikul bersama elemen masyarakat mulai dari pemerintah daerah, dunia usaha, akademisi dan komponen masyarakat lainnya.

Usai meresmikan Rumah Bersama PSKS, Wakil Bupati meninjau situasi ruangan sembari memberikan ucapan selamat atas peluncuran sekretariat PSKS tersebut, semoga apa yang diharapkan dengan hadirnya rumah bersama ini dapat diwujudkan, harap Wakil Bupati.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli Hi. Indar Dg. Silasa. S.Sos.,M.Si, Sekretaris Dinas Sosial Anshar, S.Pt, Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli Jemy Yusuf, ST, Sekretaris Dinas Perhubungan Ardi Manggona S.Sos.,M.Si, Lurah Tuweley Andika, S.STP, serta Pengurus dan anggota dari Rumah Bersama Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang telah terbentuk di Kabupaten Tolitoli.

(Samsul)

Sumber:Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *