MK Tolak Gugatan Ibas-Rio, Ini Alasannya!

oleh -122 views

JAKARTA, RRN—Sidang sela sesi II sengketa Pilkada Kabupaten Luwu Timur Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar hari ini Rabu 17 Pebruari 2021 secara resmi menolak atau tidak menerima permohonan gugatan pihak pemohon yakni pasangan calon Irwan Bachri Syam-Andi.Muh Rio Patiwiri,  dalam amar putusannya.

Sidang pengucapan putusan dipimpin oleh ketua MK AnwarUsman didampingi 8 hakim konstitusi lainnya.

Pantauan wartawan melalui live streaming Youtube,
“ Setelah mendengarkan, mempelajari dan mencermati keterangan pihak pemohon, jawaban dan keterangan pihak termohon, pihak terkait dan Bawaslu dan memeriksa bukti-bukti yang diajukan baik secara tertulis maupun secara lisan dalam persidangan maka dengan ini Mahkamah dalam amar putusan mengadili dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima”,  ungkap ketua majelis Anwar Usman dalam pembacaan amar putusan Mahkamah Konstitusi.

Lanjut, Keputusan tersebut dihasilkan melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH) oleh sembilan hakim konstitusi yaitu, Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Suhartoyo, Daniel Yusmic P. Foekh, Arief Hidayat, Enny Nurbaninggsih, Manahan MP Sitompol, Saldi Isra, dan Wahiduddin Adams masing-masing sebagai anggota.

Pada pemilihan kepala daerah Luwu Timur 9 Desember 2020 lalu, komisi pemilihan umum (KPU) Luwu Timur telah melakukan rekapitulasi penghitungan suara dua pasangan calon masing-masing Muhammad Thorig Husler- Budiman dan paslon Irwan bachri Syam- Andi Rio Patiwiri. Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Husler- Budiman meraih 86.351 suara. Sementara paslon Ibas –Rio meraih 77. 228 suara atau berselisih 9.123 suara.

Dan hasil rekapitulasi KPU Luwu Timur tertanggal 17 Desember 2020 dengan nomor 040/PL.02.6.Pu/7324/KPU-kab/XII/2020 inilah yang digugat oleh paslon Ibas-Rio ke Mahkamah Konstitusi.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *