Komisi A Siap Bongkar Main Mata Panitia Pilkades Jabung Sisir

oleh -

PROBOLINGGO, RRN — Dewan melalui komisi A terkait mencuatnya aspirasi masyarakat di sejumlah desa atas pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak diduga sarat permainan tidak netral panitia, kini siap dibongkar DPRD setempat.

Pasalnya problem ketidaknetralan panitia pilkades meloloskan kandidat calon kades sangat membuat gelisah masyarakat setempat luas terjadi di 5 desa:desa Boto (Lumbang),desa Kedawung (Kuripan),desa Krampilan (Besuk) dan 2 desa lainnya Jabung Sisir,desa Petunjungan (Paiton).

Persoalan yang kini terus bergulir dirasakan oleh tokoh kharismatik KH.Anwaruddin setempat mengatakan dugaan ketidaknetralan panitia pilkades dari fakta yang ada dan itu persoalan praktek inkonsistensi aturan main.

Kata dia, Apalagi untuk meloloskan salah satu kandidat calon kades akan menjadi pemicu ketidakpuasan warga desa. Hal ini (red.ketidaknetralan) semakin memberi ruang adanya potensi kerawanan akibat ketidakpuasan kerja panitia seleksi.

“dugaan tidak netral panitia seleksi justru kurang terespon maksimal pihak terkait semisal pemdes maka wajar jika pemuda desa mencari penyelesaian konstruktif baik pada asisten I,pemdes dan dewan,”papar KH.Anwaruddin.

Tambah dia, jika semisal aspirasi warga desa jabung sisir ini mendapat penolakan dari pemda untuk mencarikan titik temu akan disuarakan sampai tingkat pejabat pemrov jawa timur.

“kalo pemda menolak memfasilitasi atas persoalan ini,warga siap melapor ke polda Jatim supaya pilkades ini demi warga, agar pilkades berjalan demokratis dan berkualitas,”tegas KH.Anwaruddin (4/11).

Terkait langkah tokoh lainnya desa Jabung sisir kecamatan Paiton yakni Pudji tidak sendirian mencari penyelesaian kongkrit di kabupaten Probolinggo.

“setelah respon bupati Probolinggo dinilai belum maksimal, masyarakat dan BPD desa Jabung sisir membuat tembusan surat pada dewan dan direspon komisi A guna menindaklanjuti kisruh pencalonan kades ini,”aku Pudji.

Sementara itu ketua komisi A Sumarmi Rasyid didampingi Dani Nuruddin dan Salehuddin atas aspirasi warga desa Jabung Sisir langsung menggelar rapat dengar pendapat bersama koleganya.

Kata dia, komisi A akan segera menggali aspirasi warga desa ini dalam menemukan kebenaran atas dugaan illegalitas syarat kandidat calon kades saat dilakukan
seleksi oleh panitia pilkades jabung sisir.

“komisi A akan cros chek lapangan ke Paiton,”ucap Sumarmi Rasyid.

Masih Sekdin PMD Probolinggo Syamsul Huda sempat terangkan pada awak media dalam kurun waktu 20 hari akan cros chek atas keaslian dokumen persyaratan kandidat calon kades demi pilkades demokrasi dan berkualitas.

Hanya Syamsul belum paham jika dokumen asli milik seorang bacakades sebagai syarat dokumen kelengkapan berkas itu dilegalisir terlambat oleh lembaganya.

Dan anehnya dokumen asli terlambat itu justru diterima panitia seleksi sebagai syarat kelengkapan berkas disaat jadwal penerimaan berkas telah tutup.

“jika ditemukan ada satu saja indikasi pemalsuan dokumen, maka secara otomatis panitia pilkades akan mendiskualifikasi bacakades bersangkutan dari bursa cakades,”papar Syamsul Huda selaku TU Pemdes saat ke desa Jabung Sisir 30 Oktober 2019 lalu.

(Dedhy)

Sumber:Mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *