IPW Apresiasi Komisi 3 DPR RI, Pilih Irjen Pol Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

JAKARTA, RRN—“Hal ini menunjukkan bahwa komisi 3 sangat menghargai kinerja pansel KPK yang sudah bekerja keras melakukan proses dari ratusan orang yang mendaftar menjadi capim KPK,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane kepada awak media, Jumat (13/9/2019).

Terpilihnya Firli juga menunjukkan bahwa komisi 3 DPR tidak terpengaruh dengan manuver-manuver pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Baik itu di internal maupun eksternal KPK.
“Itu mereka yang membully, memfitnah, mengkriminalisasi dan melakukan pembunuhan karakter terhadap capim KPK, khususnya terhadap Firli,” ujar Neta S Pane.

Untuk itu menurut dia, semua kerja keras pansel dan komisi 3 dalam memilih pimpinan KPK periode baru ini patut dihargai semua pihak.

IPW berharap, Firli dan keempat komisioner lainnya yang terpilih tidak perlu menanggapi oknum-oknum komisioner yang bermanuver.
“Firli cs juga tak perlu menanggapi sikap “mabuk” oknum penasehat, oknum WP maupun pegawai KPK yang mengkriminalisasin ya. Diamkan saja,” jelasnya.

Dia mendorong Firli dan pimpinan KPK lainnya bisa merangkul dan mengajak kerjasama agar terbangun soliditas di lembaga antirasuah.

“Tapi jika oknum penasehat, WP, dan pegawai KPK itu memang mau mundur persilahkan saja toh akan banyak aparatur polri, kejaksaan, dan masyarakat yang siap menggantikan mereka untuk membantu komisioner baru dalam membenahi KPK paradigma baru,” ucapnya.

Dia berharap Firli dan empat pimpinan yang baru KPK tetap amanah, profesional, dan jalankan konsep kerja untuk membenahi lembaga antirasuah KPK seperti yang dipaparkan saat fit and profer test di DPR.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah merampungkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper tes) terhadap 10 Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Dari 10 Capim KPK, Komisi III melakukan voting untuk menentukan 5 orang yang terpilih menjadi Komisioner KPK periode 2019-2023.

Adapun 5 Capim yang terpilih menjadi komisioner KPK yakni:
Alexander Marwata (Komisioner KPK), Firli Bahuri (Anggota Polri), Lili Pintauli Siregar (Advokat), Nawawi Pomolango (Hakim) dan Nurul Ghufron (Dosen‎).

(RWN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *