Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli Gelar Karbak Dan Baksos Dua Hari Berturut-Turut 

oleh -

TOLITOLI, RRN—Untuk menyambut Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang ke 74 Tanggal 3 Desember 2019 dan Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Tolitoli ke 59 Tanggal 11 Desember 2019.

Dan seluruh karyawan serta karyawati Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tolitoli bersama pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Unit Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli melakukan karya bakti (Karbak) dan bakti sosial (Baksos) di dalam Kota Tolitoli selama dua hari berturut-turut yakni hari sabtu (31/11) dan hari minggu (1/12).

Karbak yang dilakukan berupa pembersihan saluran drainase dengan sasaran Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Muhammad Bantilan, Jalan Magamu dan Jalan Jend. Sudirman.

Lanjut, Sedangkan Baksos _“Dinas PUPR Berbagi”_ kegiatannya berupa pembagian paket makanan siap saji kepada para Pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dan masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli Ir. Fadjar Suko Syuhadha, MT menjelaskan, karya bakti ini melibatkan kurang lebih 200 personil Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli ditambah dengan bantuan alat berat Excavator, Dump Truck Dinas PUPR dan didukung oleh mobil unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat. Pol-PP) Kabupaten Tolitoli dan Water Tank Truck dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tolitoli.

Tujuan pembersihan ini kata Kadis PUPR mengingat drainase yang berada di titik-titik sasaran tersebut tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat.

Drainase yang ada sudah sangat membutuhkan penanganan segera (emergency) karena banyaknya sampah yang dibuang ke saluran dan endapan sedimen di dasar saluran sehingga air limbah dari masyarakat tidak bisa mengalir dengan normal.

Kondisi ini tentunya akan menjadi sumber penyebab terjadinya banjir bila memasuki musim penghujan kata Fadjar.

Selain itu, dengan dibersihkannya drainase ini tentunya akan memberikan kontribusi signifikan bagi kebersihan dan keindahan Kota Tolitoli khususnya menjelang Hari Ulang Tahun Daerah.

Sedangkan untuk kegiatan bakti sosial menurut Fadjar dikemas dalam bingkai _“Dinas PUPR Berbagi”_ yang melibatkan lebih dari 20 orang anggota Dharma Wanita Persatuan Unit Dinas PUPR dengan kegiatan berupa pembagian paket makanan siap saji yang dananya bersumber dari swadaya karyawan-karyawati serta anggota DWP Unit Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli.

Pada kesempatan Karbak dan Baksos itu, Kadis PUPR Ir. Fadjar Suko Syuhadha, MT menyampaikan harapannya kepada seluruh masyarakat khususnya di dalam kota Tolitoli untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungannya serta memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Bila ada kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat maka Kota Tolitoli akan selalu bersih, indah dan terbebas dari bahaya banjir.

(Samsul)

Sumber:Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *