Bupati Tolitoli Mewajibkan Pelunasan PBB Bagi Setiap ASN Dan Masyarakat Dalam Pengurusan Perizinan Dan Non Perizinan 

oleh -289 views

TOLITOLI, RRN—Untuk menggenjot penerimaan pajak daerah di Kabupaten Tolitoli, Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH menginstruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Cabang Unit Perbankan dan Kepala Badan Usaha Milik Daerah di Kabupaten Tolitoli agar mewajibkan setiap pemohon yang dilayani (orang atau badan) untuk melampirkan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) atau Surat Setoran Pajak Daerah (SSPD) tahun terakhir yang diterbitkan oleh Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli.

Instruksi Bupati tersebut merupakan penyempurnaan dari Instuksi sebelumnya dimana pada instruksi kali ini, Bupati lebih menekankan kesadaran pembayaran pajak dimulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pembayaran Tambahan Penghasilan (TPP) bagi ASN lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tolitoli dan Tunjangan Sertifikasi bagi Guru-Guru atau pembayaran gaji ke-13, mewajibkan ASN untuk melampirkan bukti pelunasan PBB tahun terakhir, begitu juga bagi masyarakat penerima bantuan, baik berupa alat dan bahan untuk untuk melunasi kewajian PBBnya terlebih dahulu.

Instruksi Bupati tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati Tolitoli nomor 973/0102/BKD Tahun 2020 yang dikeluarkan pada bulan Januari 2020.

Keluarnya instruksi Bupati tersebut dimaksudkan sebagai upaya pengendalian dan pengawasan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak daerah sekaligus sebagai tindak lanjut surat Menteri Dalam Negeri RI nomor 970/10189/SJ tentang Optimalisasi Pendapatan Daerah, serta surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor B/811.23/KSP.00/10-16/10/2019 tentang Monitoring Progres Program Pemberantasan Korupsi.

Dengan dikeluarkannya instruksi Bupati tersebut, maka wajib memperlihatkan bukti pelunasan PBB-P2 (SSPD) pada setiap penyelenggaraan perizianan dan non perizinan, pemberian surat keterangan dan administrasi lainnya, pengurusan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala serta pembayaran tambahan penghasilan dan tunjangan sertifikasi Aparatur Sipil Negara.

(Syamsul)

Sumber:Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *