Banjir Bandang, Wahyudin: Bekerja Untuk Masyarakat, Tagana: Tugas Pokok Kami

oleh -511 views

MAKASSAR, RRN – – Kota Makassar dilanda banjir bandang khususnya, di Perumnas Antang Blok 8 dan Blok 10 beberapa hari yang lalu. Hingga kini masih banyak korban yang mengungsi ke posko-posko pengungsian.

Guna memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi banjir tersebut, Dinas Sosial Kota Makassar melalui peran para personel Taruna Siaga Bencana  (Tagana) Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa mendirikan dapur umum di sekitar lokasi pengungsian.

Berangkat dari kesamaan rasa peduli yang tinggi terhadap sesama, atas dasar itulah Tagana Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa menjadi garda terdepan dalam penangan bencana di Kota Makassar.

Taruna Siaga Bencana(Tagana) Kota Makassar dan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa secara rutin masih mengaktifkan berbagai layanan, termasuk dapur umum untuk warga terdampak banjir. Dari dapur umum ini, dapat diproduksi 400 bungkus makanan siap santap pagi dan malam, masing-masing 200 bungkus.

Warga terdampak bencana belum bisa memasak untuk memenuhi kebutuhan makan. Mereka masih tetap mengambil makanan yang sudah siap di Posko Dapur Umum yang disediakan Tagana.

Sementara itu Wahyudin, selaku Koordinator Dapur Umum menjelaskan, hal itu untuk satu kali makan, kita bisa dua kali sehari siang dan malam.

” Untuk yang pagi kita mulai masak pukul 06.00 sampai pukul 11.00 WITA sehingga pukul 12:00 WITA siang sudah mulai distribusi, ” Kata Wahyudin kepada jurnalis di lokasi dapur umum. Sabtu, 13 Maret 2021.

Dia Wahyudin, yang akrab disapa Bayu, mengungkapkan, saat malam hari, mulai masak pukul 13:00 WITA. Dan mulai distribusi selesai sekitar pukul 19.00 WITA dan untuk distribusi pihaknya bekerjasama dengan PMI.

” Mulai masak sekira pukul 13:00 Wita, dan distribusi pada pukul 19:00 Wita. Pihaknya bekerjasama dengan PMI, ” Ungkap Bayu.

Lebih jauh lagi, Bayu sapaan akrabnya, berharap kepada pengurus Karang Taruna, bahwa kita disini bekerja ikhlas tidak untuk digaji.

” Tidak untuk digaji. Tapi bekerja untuk masyarakat karena, kita memang mengabdi untuk masyarakat hidup di tengah masyarakat dan tidak bisa lepas dari masyarakat, ” Jelasnya

Dia menambahkan, sebagaimana tagline kami di Karang Taruna Kelurahan Tamangapa.

” Sesuai dengan tagline kami, ” Ketika Mereka Hanya Berkata, Kami Akan Terus Berkarya, ” Imbuhnya

Sementara itu Tagana Kota Makassar, Ismail, S. Kesos., mengatakan bahwa ini menjadi tanggung jawab dan tugas pokok kami di Tagana setiap ada peristiwa bencana yang terjadi kami akan turun.

” Tanggung jawab dan tugas pokok kami. Dan kami koordinasi dan bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Tamangapa dalam mendirikan dapur umum didekat pengungsian, ” Pungkas Tagana Kota Makassar, Ismail, S. Kesos.

Humas Zainuddin/Bang Yoga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *