Tim Pengabdi FMIPA UNM, Berikan Penyuluhan Pengemasan Sayuran

oleh -98 views

GOWA, RRN – – Hasil pertanian merupakan komoditi terbesar dan utama yang dihasilkan oleh penduduk Indonesia, salah satu komuditas pertanian yang menjadi andalan dan masyarakat butuhkan adalah sayur-sayuran. Rabu, 28 Oktober 2020.

Sayur sayuran merupakan sumber nutrisi yang sangat lengkap bagi kesehatan, sehingga dapat membantu masyarakat Indonesia dapat terlepas dari kekurangan gizi dan membebaskan balita dari stunting yang saat ini menjadi permasalahan besar bagi masyarakat miskin yang ada di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umummya.

Pada umumnya daerah daratan tinggi di Indonesia merupakan penghasil sayur terbesar terutama di Kecamatan Tinggimoncong Kab. Gowa, hanya saja kemampuan untuk mengolah dan memberi perlakuan terhadap sayuran tersebut masih terbatas, sehingga sayur yang dihasilkan masih sering terbuang akibat mengalami pembusukan. Dikarenakan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran di sekitar daerah tersebut.

Olehnya itu, tim pengabdi dari jurusan kimia FMIPA UNM yang terdiri dari:
Hardin, S.Si., S.Pd., M.Pd., Sebagai Ketua Tim peneliti bersama anggota Dr. Sugiarti, M.Si dan Drs. H. Muh. Yunus M.Si, memberikan Penyuluhan tentang teknik pengemasan sayuran terhadap Guru-Guru yang ada di SMAN 5 Tinggimoncong Kab. Gowa Melalui During.

Penyuluhan ini dihadiri oleh Guru-Guru yang ada di SMAN 5 Tinggimoncong Kab. Gowa, dan sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan.

Para peserta dalam hal ini guru-guru sangat menginginkan agar nantinya setelah mengikuti penyuluhan ini, mampu menerapkan teknik pengemasan sayuran di rumah masing agar sayuran yang telah mereka beli dapat bertahan. Karena belum sempat diolah, disebabkan kesibukan mengajar.

Dan mereka juga ingin berbagi kepada masyarakat sekitar agar teknik pengemasan ini dapat dilakukan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot untuk membeli sayuran tiap hari karena takut sayur itu cepat rusak.

(Hardin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *