Tim KKS Lutim Gelar Rapat Teknis Jelang Verifikasi Lapangan

oleh -41 views

LUTIM, RRN – Tim Teknis KKS (Kabupaten Kota Sehat) Kabupaten Luwu Timur melakukan Rapat Teknis membahas Persiapan Verifikasi Lapangan oleh Tim Penilai dari Pusat, bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Kecamatan Malili, Selasa (28/09/2021).

Rapat teknis ini juga untuk mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang menjadi masukan Tim Verifikasi Kabupaten Kota (KKS) sehat Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Penilaian KKS 2021 Kabupaten Luwu Timur berhasil lolos dalam verifikasi/penilaian Bedah Dokumen beberapa waktu lalu, karena itu, Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari pusat akan mengecek langsung ke lapangan sejumlah titik/lokus yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Rapat tersebut di pimpin Plt. Kepala Bappelitbangda Lutim, Dohri As’ari selaku Wakil Ketua Tim Forum KKS Lutim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. Rosmini Pandin.

Wakil Ketua Tim Forum KKS Lutim Kabupaten Luwu Timur, Dohri As’ari mengungkapkan bahwa, jadwal penilaian Kabupaten Luwu Timur diperkirakan awal Oktober nanti. Oleh karena itu, perlu dari sekarang dipersiapkan, jadi nanti Dinas Kesehatan akan menjelaskan secara teknis apa-apa saja yang perlu dipersiapkan.

Dohri juga membeberkan bahwa, beberapa hal-hal yang perlu dipersiapkan di Forum dan Pokja ialah Sekretariat, SK Forum, SK Pokja, SK Tim Kerja STBM, Perdes Larangan BABs, Rencana Kerja Tahunan, Persuratan, Buku Tamu, Buku Keuangan, Notulen Rapat, Absensi, Dokumentasi, dan Pelaksanaan Kegiatan.

Selain itu, Tim penilaian/verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat (KKS) juga akan melihat tatanan KKS. Tatanan KKS itu merupakan sasaran dari KKS yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Kota.

“Tatanan KKS itu meliputi; kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kawasan masyarakat sehat yang mandiri dan kawasan kehidupan sosial yang sehat,” beber Dohri As’ari.

Terakhir, Dohri berharap Kabupaten Luwu Timur bisa menjadi inspirasi kabupaten kota lain. “Semoga kita bisa membawa nama baik Kabupaten Luwu Timur sesuai dengan tagline Bupati Luwu Timur, Luwu Timur Inspiring yaitu Luwu Timur menginspirasi, jadi kalau kita nanti mendapat penilaian yang cukup bagus tentunya kita akan menginspirasi Kabupaten lain,” tandas Plt. Kepala Bappelitbangda tersebut.

Adapun peserta pada Rapat Teknis tersebut, beberapa OPD, Camat dan Desa yang menjadi lokus penilaian Kabupaten Kota Sehat tahun 2021.

(ikp/kominfo/AHS/Fadel A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *