Satgas TMMD Dan Warga : Kebersamaan Ini, Akan Kami Rindukan

oleh -11 views

PAMEKASAN, RRN – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 Kodim 0826/Pamekasan akan segera berakhir. Tentu saja hal ini membuat warga yang dipilih menjadi tempat untuk menginap Satgas TMMD akan merasa kesepian setelah mereka kembali ke kesatuan masing-masing. Namun hal ini tidak menjadikan putusnya persaudaraan mereka antara TNI dengan warga, karena sudah sekian lama, sekitar 30 hari kebersamaan terjalin dan saling mengisi antara TNI dengan warga.

“Sebenarnya kami sebagai warga tidak ingin pisah dengan mereka, namun apa boleh buat mereka sendiri harus menunaikan tugasnya sebagai TNI,’ kata Suneidi warga Desa Rangperang Dejeh Minggu (9/10/2021).

Lebih lanjut dikatakan kebersamaan ini akan mereka kenang sebagai kenangan yang terindah selama pelaksanaan TMMD di Desanya.

Kebersamaan dan kedekatan Satgas TMMD dengan masyarakat diakui terjalin dengan mudah, karena sikap keterbukaan masyarakat dalam menerima satgas TMMD untuk tinggal. Tidak hanya dengan masyarakat dewasa, kebersamaan dan kedekatan Satgas TMMD juga terjalin dengan anak-anak yang ada, mengingat selama proses penyelesaian target sejumlah petugas juga melakukan pendekatan dengan anak-anak, baik dalam membantu belajar hingga bermain bersama.

Kebersamaan dan kedekatan masyarakat, khususnya anak dengan satgas TMMD menjadi pemandangan manis ditengah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa, karena hal ini menjadi bukti nyata bahwa TNI juga sahabat anak-anak. Sehingga kedepan dengan melihat apa yang dilakukan Satgas TMMD, dapat memotivasi anak-anak untuk menjadi anggota TNI yang tangguh namun rendah hati.

Walau lauk seadanya, warga desa bersama dengan Satgas TMMD ke 112 Kodim 0826/Pamekassn tetap merasa menikmati dengan hidangan yang diberikan oleh warga Desa Samalore. Hal ini bagi Satgas TMMD memang sudah terbiasa untuk menikmati makanan seadanya, karena mereka mengutamakan kesederhanaan. Bagi Satgas TMMD yang terpenting adalah rasa kebersamaan dalam melaksanakan segala hal. Karena dengan kebersamaan mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

“Kami sudah terbiasa dengan makanan yang sederhana, karena bagi kami yang terpenting adalah rasa kebersamaan dan satu tujuan,” kata Serda Fadli, Minggu (09/10/2021).

Jelang akhir kegiatan TMMD ke-112 berbagai moment kebersamaan antara satgas TMMD dengan masyarakat akan menjadi kenangan, mulai dari pelaksanaan pembangunan fisik, sosialisasi, berbincang santai hingga olah raga bersama, dimana selama 30 hari selain membantu masyarakat, Anggota TNI juga memberi teladan tentang pentingnya kedisiplinan dan kebersamaan ditengah keberagaman.

Dandim 0826/Pamekasan Letkol. Inf Tejo Baskoro, Minggu (09/10/2021) mengatakan kegiatan TMMD ke-112 ini tidak hanya soal pembangunan fisik, namun juga bagaimana masyarakat dapat semakin optimis untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya kedepan. Selain itu juga untuk mendorong masyarakat ikut terlibat aktif dalam mewujudkan daerah yang aman dan sejahtera melalui sosialisasi cinta NKRI serta menjunjung nilai-nilai Pancasila.

Lebih Lanjut Dandim mengatakan TMMD ini juga menjadi sebuah bukti pengabdian TNI kepada masyarakat, dan wujud TNI ada untuk masyarakat diseluruh lapisan. Sehingga kedepan dirinya berharap Masyarakat dapat mendukung pihaknya menjaga NKRI dengan saling menjaga dan menghormati.

“Saya harap apa yang sudah dilakukan selama ini benar-benar menyentuh semua masyarakat yang di desa.” Harapnya.

(Salimin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *