RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021, Dibahas Dalam Forum Konsultasi Publik

oleh -166 views

TOLITOLI, RRN—Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menyelenggarakan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding pada Selasa Pagi (28/1) di Suwot Molripakatan Bappeda Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Muh. Nur Munawar, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala BPS Kabupaten Tolitoli, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tolitoli, Tokoh-tokoh Agama, Masyarakat dan Kalangan Akademisi.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding yang membacakan sambutan tertulis Bupati mengatakan RKPD merupakan dokumen perencanaan tahunan daerah yang wajib disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah atau RAPBD, yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran sementara atau KUA PPAS.

Dikatakan pula konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Tolitoli tahun 2021 merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 yang menegaskan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Masukan dan saran tersebut nantinya, akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh Kepala BAPPEDA selaku koordinator perencana pembangunan di daerah bersama Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan masyarakat.

Rancangan awal RKPD yang telah disusun oleh tim, didasarkan pada beberapa indikator yakni hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan nasional dan kebijakan pembangunan provinsi sulawesi tengah, serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah, termasuk pula di dalamnya program kerja Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli sebagaimana yang tertuang dalam dokumen RPJMD periode tahun 2016-2021.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati mengharapkan agar pelaksanaan konsultasi publik dapat dijadikan forum diskusi untuk memberikan saran dan masukan dalam penyempurnaan rancangan RKPD kabupaten Tolitoli tahun 2021, sehingga rencana kerja pemerintah daerah yang disusun dapat menghasilkan program dan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tolitoli yang religius dan berkeadilan.

(Syamsul)

Sumber:Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *