Program Pemerintah Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, Disosialisasikan Di Tolitoli 

oleh -

TOLITOLI, RRN—Sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tolitoli yang terdiri dari Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, sejumlah Camat serta Pejabat dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli mengikuti Sosialisasi Program Pemerintah Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, yang dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Tolitoli di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati, Jumat siang (8/11/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding, di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, dengan menghadirkan narasumber yakni Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI Moh. Suhendar, SE.,M.Si.
Sebelum membuka acara sosialisasi, Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dalam sambutannya mengungkapkan, poros maritim merupakan suatu gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, serta fokus pada keamanan maritim demi menegakkan kedaulatan wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Wakil Bupati juga mengatakan, Kabupaten Tolitoli adalah salah satu wilayah di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah yang dikelilingi lautan.

Selain itu, daerah Tolitoli juga memiliki sejumlah pulau, baik pulau besar maupun kecil serta ada pulau yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia. Satu diantara pulau terluar tersebut adalah Pulau Lingayan yang ada di Kecamatan Dampal Utara yang pernah di klaim Negara Malaysia sebagai pulau miliknya, terang Wakil Bupati.

Selanjutnya melalui kegiatan sosialisasi ini Wakil Bupati berharap, para peserta mendapat pemahaman baru terkait kemaritiman dan dapat menjadi motivasi bersama untuk menjaga dan memanfaatkan kekayaan sumber daya kelautan guna mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim Moh. Suhendar, SE.,M.Si selaku narasumber menerangkan bahwa, sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan ekspedisi nusantara jaya yang beranggotakan kelompok mahasiswa dilaksanakan Kementerian Kemaritiman yang tujuannya untuk mendorong pemuda di Indonesia untuk lebih mencintai laut.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda karena telah mendukung kegiatan sosialisasi ini yang bertujuan untuk mendorong pemuda agar bersinergi dengan Pemda untuk melaksanakan program pemerintah.

Melalui sosialisasi ini disinergikan program Pemerintah Pusat terkait kemaritiman untuk dilakukan di daerah, karena daerah Kabupaten Tolitoli memiliki sumber daya maritim yang cukup potensial, katanya. Para pejabat dari Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman RI ini diagendakan juga akan mengunjungi Pulau Lingayan yang ada di Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara.

(Syamsul)

Sumber:Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *