Pendampingan Guru Lakukan PTK, Selama Pandemik Covid-19

oleh -37 views

MAKASSAR, RRN—Kewajiban Guru, terutama kewajiban menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran sebagaimana tertuang dalam Undang-undang RI Nomor 14 tahun 20005 tentang guru dan dosen Bab 1 Pasal 1 ayat 1, menempatkan guru sebagai peneliti.

Lanjut, Melalui penelaahan dan pengkajian langsung terhadap permasalahan yang terjadi selama guru melakukan proses pembelajaran, Guru dapat merencanakan dan memecahkan sendiri permasalahan tersebut.

Oleh karena proses pembelajaran yang dinilai dan dievaluasi berlangsung dalam kelas, maka penelaahan permasalahan tersebut disebut penelitian tindakan kelas yang biasa disingkat PTK.

Dan PTK idealnya dilakukan oleh guru dalam menyelesaikan permasalahan di kelasnya selama proses pembelajaran. Namun yang menjadi kendala adalah guru sebatas menyadari saja permasalahan pembelajarannya tanpa berusaha mengatasi masalah tersebut.

Padahal dengan mengatasi masalah tersebut guru sebenarnya telah melakukan pengkajian atau penelitian proses pembelajaran, Hal ini disebabkan oleh kemampuan guru dalam melakukan pengkajian pembelajarannya.

Di sisi lain, pembelajaran yang dilakukan secara online selama masa pandemik melengkapi ketakmampuan guru dalam mengkaji pembelajaran, Guru merasa tidak mungkin dapat mengkaji pembelajaran dalam rangka PTK karena pembelajaran dilakukan secara daring.

Permasalahan tersebut juga terjadi pada kelompok MGMP Kimia Kabupaten Takalar, Oleh sebab itu Dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Program Kemitraan Masyarakat MGMP Kimia Takalar dan masyarakat Canrego Kecamatan Polong Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar, bekerja sama dengan Lembaga Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM dengan judul “PKM Pendampingan Kelompok Guru SMAN 2 Takalar dalam Merencanakan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas”.

Dan Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Army Auliah, M.Si, ini berlangsung pada tanggal 14 Juli sampai 14 Agustus 2021.

(Hardi/Aswar Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *