Keunggulan Program TMMD Dari Program Yang Lain Bagi Masyarakat Desa

PAMEKASAN, RRN – Saat ini Satgas TMMD ke-112 Kodim 0826/Pamekasan saat ini melaksanakan program TMMD di Desa rangperang daya kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Propensi Jatim, Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), selain dapat mewujudkan kerja sama pemerintah dengan TNI, merupakan wujud kebersamaan TNI dengan masyarakat dalam membangun infrastruktur dan sarana prasarana masyarakat desa yang terisolasi dan terabaikan sehingga desanya lebih tertinggal dari desa yang lain, Sabtu (02/10/2021).

Miskipun dari wujud TMMD utamanya dalam pembangunan fisik berupa infrastruktur, rehap rumah tidak layak huni tempat ibadah dan sebagainya, tetapi suksesnya pelaksanaan TMMD juga karena didukung pembangunan nonfisik, yaitu dalam bentuk kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat sangatlah perlu dan diharapkan terutama bagi warga Desa rangperang daya kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

Dengan adanya TMMD ini tidak semata mata diukur dengan keberhasilan pembangunan fisik di lapangan. Namun, sepenuhnya didukung pembangunan nonfisik bersama Polri dan masyarakat serta elemen masyarakat lainnya.

Selain itu diyakini bahwa suksesnya kemanunggalan TNI bersama masyarakat adalah atas kerja sama Dandim yang dipercayakan menjadi pemimpin di lokasi TMMD tersebut, hal ini karena kegiatan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian dan pemerintahan daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, sejatinya program TMMD dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam upaya memberdayakan wilayah pertahanan, meningkatan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta dalam menghadapi hakekat ancaman yang ada.

Program TMMD kabarnya melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat dan diharapkan dapat membantu mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah perdesaan.

Sasaran kegiatan nonfisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup dan membangun daerah menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera, dan mandiri, terasa wajar kalau program TMMD ini masih ditunggu masyarakat, karena hasilnya sudah sangat dirasakan bagi masyarakat.

Untuk itu saya sebagai warga masyarakat berharap agar program TMMD ini tetap terus dilanjutkan dengan lebih memprioritaskan kepentingan rakyat kecil yang berada di perdesaan, ujar Kades rangperang daya Moh Toli.

(Salimin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *