Kejari Tolitoli Eksekusi Terpidana Kasus Korupsi DD Sambujan

oleh -62 views

TOLITOLI, RRN – Kejaksaan Negeri Tolitoli hari ini kembali mengeksekusi pidana badan terhadap terpidana inisial R (kades sambujan kecamatan ogodeide kabupaten tolitoli Sulawesi Tengah) oleh jaksa eksekutor pada cabang kejaksaan negeri tolitoli. Kamis 29/12/2022 Siang.

Di hadapan awak media, mewakili Kejari Tolitoli Albertinus Napitupulu.SH.,MH., Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tolitoli Achmad Bhirawa Bissawab.SH.,MH Menjelaskan Sesuai dengan surat perintah pelaksanaan putusan pengadilan (P-48) nomor : PRINT-364/P.2.12.9/Fu.1/12/2022 tanggal 23 desember 2022 sebagai tindak lanjut daripada Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tingkat Kasasi Nomor : 5718 K/Pid.sus/2022 tertanggal 1 November 2022 berkaitan dengan tindak pidana korupsi Penyalahgunaan Dana Desa Sambujan tahun anggaran 2019 dengan amar putusan yang pada pokoknya : menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan serta denda sejumlah Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah. Subsidair 1 (satu) bulan kurungan kemudian menghukum Terpidana untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp.60. 054.407,00 (enam puluh juta lima puluh empat ribu empat ratus tujuh rupiah).

lebih lanjut, Paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan ini berkekuatan hukum tetap, jika tidak membayar maka harta bendanya di sita dan di lelang oleh jaksa untuk menutupi uang pengganti tersebut dengan ketentuan apabila Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi maka di pidana dengan pidana penjara selama 1 (satu) bulan kurungan dengan di kurangi masa penangkapan dan penahanan yang telah di jalani Terpidana di kurangkan seluruhnya dari pidana yang di jatuhkan.

Sebelum Terpidana R di eksekusi ke Lapas Kelas ll B Tolitoli, Terlebih dahulu di lakukan Rapid Test terhadap yang bersangkutan karena Lapas Kelas ll B Tolitoli mensyaratkan penerimaan tahanan/terpidana di dukung surat keterangan bebas Covid 19 dari Rumah sakit atau Puskesmas setempat.

Adapun proses eksekusi berjalan lancar dan sesuai SOP yang berlaku di internal Kejaksaan maupun SOP yang ada di Lapas Kelas ll B Tolitoli. Tutupnya

(ASR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *