Forkopimda Soppeng, Gelar Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Gugus Penanganan Covid -19

oleh -407 views

SOPPENG, RRN – Rapat Koordinasi dan Evaluasi Gugus Penanganan Covid -19 yang di pimpin oleh Ketua 1 Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Letkol Inf Richard Marihot Butarbutar S.AP.M.Tr.(Han) yang di laksanakan di Makodim 1423 Jl. Merdeka No.122 Kelurahan Lapajung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Watansoppeng, Senin (4/5/2020).

Dalam kesempatan itu Dandim 1423/ Soppeng menyampaikan yang intinya bahwa, Rapat evaluasi ini bukan untuk mencari kesalahan namun untuk mengetahui sejauh mana kinerja gugus tugas penanganan covid -19 supaya kedepannya bisa lebih matang dan sesuai dengan harapan, ucapnya.

“Rencana kedepan akan membentuk satgas intel gabungan TNI/POLRI dan KESBANGPOL, ungkap Dandim.

“Untuk memudahkan pemantauan terhadap pendatang yang masuk ke Kab. Soppeng akan dilaksanakan rekayasa lalulintas, tandasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro Bowo Leksono, S.Ik, SH mengatakan bahwa, ” Pelaksanaan gugus tugas penanganan covid 19 perlu adanya evaluasi agar ada perbaikan-perbaikan sistem yang mungkin masih kurang

Lanjut di katakan, Perlunya pengawasan ditempat-tempat umum seperti di pasar tradisional yang ada di Kab. Soppeng, imbuh Kapolres.

Masih di tempat yang sama Kadinkes kabupaten Soppeng Sallang, SKM, M.Kes mengatakan, “Kita yakin bahwa apapun yang kita lakukan ketika kita dapat informasi dari masyarakat, sehingga sekarang yang perlu dipersiapkan adalah untuk mengurangi pergerakan masyarakat, paparnya.

“Untuk para pendatang akan di karantina selama 14 hari di tempat yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran covid 19 di Kabupaten Soppeng, pungkas Kadis Kesehatan.

Dari rakor tersebut telah di keluarkan beberapa keputusan penting sebagai tindak lanjut ketegasan Tim Penanganan dan Pencegahan Covid 19 kabupaten Soppeng.

Keputusan tersebut yakni dihimbau kepada semua pejabat lurah dan kepala desa untuk melakukan hal hal sebagai berikut :

1. Menyampaikan instruksi pemda kepada semua imam masjid dan pengurus masjid untuk tidak lagi melaksanakan ibadah berjamaah baik solat fardhu dan sunah di masjid, cukup melakukan adzan.

2. Memasang baliho terkait penutupan masjid untuk sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan untuk menghindari penyebaran virus corona dan agar segera melaporkan ketika sudah mensosialisasikan hal ini kepada para imam masjid maupun pengurus masjidnya.

3. Menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa wajib memakai masker ketika keluar rumah.
4. Bagi pendatang yang akan memasuki kabupaten soppeng wajib dikarantina selama 14 hari di tempat yang disedikan Pemda yaitu Gedung Koni dan Hotel Delta Ompo.

5. Agar masyarakat menghindari tempat berkumpul yang tidak perlu (4 orang ke atas) di pinggir jalan maupun pos ronda, dan lainnya serta senantiasa melakukan physical distancing (menjaga jarak)

6. Terhitung hari ini (senin) dan besok (selasa) merupakan langkah sosialisasi terkait hal diatas dlm rangka penanganan COVID-19 oleh Satgas Pemda begitupun selanjutnya, mulai hari rabu (6/4/2020) akan dilakukan penertiban dari aparat hukum, jika masih ada yang melaksanakan ibadah secara berjamaah, tidak memakai masker, berkumpul lebih dari 3 orang, akan langsung diberikan tindakan karantina dari aparat terkait.

Selain Dandim 1423 Soppeng turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni;
1. Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro Bowo Leksono, S.Ik., SH
2. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang,S.KM.M.Kes.
3. Kakesbangpol Kabupaten Soppeng Drs Arafah, SmHK, M.Si.

4. Kadishub Kabupaten Soppeng Hamzah Holah, S.Sos,M.Si.

5. Para Camat se-Kab. Soppeng
6. Kepala Kemenag Kab. Soppeng
7. Kasatpol PP A. Rachman
8. Para Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 1423/spg
9. Para Kapolsek jajaran Polres Soppeng
10. Para KUA se-Kab. Soppeng.

(Rosha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *