Dana BOS Di Smansa Parepare Bermasalah

oleh -340 views

PAREPARE, RRN — Kasus penyalahgunaan dana Bantuan Operasionak Sekolah (BOS) di SMAN 1 Parepare terendus, Polisi berjanji akan menyelidikinya.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi mengatakan, sudah ada tim yang dibentuk, “Dana BOS sekolah itu sementara kita selidiki,” akunya, Kamis (22/08/2019).kemarin lalu.

Dana BOS pada salah satu sekolah ternama di Parepare ini memang cukup fantastis. Dalam setahun ini saja pihak mengantongi dana sebesar Rp 1,4 miliar.

Sementara kondisi bangunan sekolah sangat memprihatinkan. Ada banyak fasilitas sekolah rusak parah, tak hanya bangku yang sudah reyot, tetapi plafonnya sudah bocor dan terancam roboh, mengancam keselamatan siswa.

Ketua Osis SMAN 1 Parepare, Meilani bersama siswa lainnya sebenarnya sudah mempertanyakan hal ini. Menurut pihak sekolah, agar ada transparasi kemana aliran dana BOS.

“Ada banyak kegiatan sekolah kami harus biayai sendiri. Ini belum kondisi sekolah kami yang sangat memprihatinkan,” keluhnya.

Bendahara SMAN 1 Parepare, Syamsuddin menapik keras apabila kegiatan ekstrakurikuler siswanya dibenahi. Katanya, baru-baru ini kembali ada kegiatan seperti O2SN itu dibiayai sekolah.

“Kan memang tak semua kegiatan sekolah itu harus ditangani sekolah, kalau event nasional itu sudah pasti dibereskanlah,” ujarnya.

Teekait total anggaran dana BOS sebesar Rp 1,4 miliar, Syamsuddin mengakui, yang cair itu baru sekitar Rp 600 juta dan selebihnya sudah dipakai untuk keperluan sekolah.

“Tersisa sekitar Rp 300 juta yang ada saat ini, itu belum termasuk membayar gaji tiga guru honorer sekolah,” dalihnya.

(Rosha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *