Bupati Tolitoli, Janjikan Hadiah Umrah Untuk Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Tolitoli 

TOLITOLI, RRN—Bukan suatu hal yang keliru menjadikan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sebagai ajang kompetisi untuk meraih predikat juara, namun yang terpenting adalah menjadikannya sebagai momentum syiar dan dakwah untuk membumikan Al-Qur’an sekaligus memberikan pemahaman yang dalam kepada masyarakat khususnya ummat muslim untuk lebih memahami isi dan kandungan Al-Qur’an sehingga dapat benar -benar menjadi pandangan hidup.

Lanjut, hal itu dikatakan oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH saat memberikan sambutannya sebelum membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Tolitoli ke 41 yang dilaksanakan di Taman Batu Bangga Desa Lalos Kecamatan Galang pada, sabtu (16/11/2019) malam.

Bupati menambahkan, MTQ tidak hanya sebatas kegiatan seremonial dan adu ketangkasan dalam membaca Al-Qur’an tetapi juga tuntutan untuk mengamalkan isi kandungannya.
Selaku tuan rumah MTQ ke 41, Camat Galang Aspat, S.Sos melaporkan cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini yakni cabang tilawah golongan anak dan remaja, dewasa dan cacat netra, tartil dasar dan menengah, qira’ah mujawwat dan murattal, cabang tahfidz golongan 1 s/d 5 juz, 10 s/d 20 jus 25 dan 30 Juz, cabang tafsir golongan bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Indonesia, cabang syarhil Qur’an, cabang fahmil Qur’an, katrol Qur’an, Musabaqa Makalah Qur’an dan Musabaqa Hadist Nabi.

Sedangkan jumlah kafilah masing-masing dari Tolitoli Utara sejumlah 200 Kafilah, dari Dako Pemean 150 Kafilah, Baolan 217 Kafilah, Lampasio 185 Kafilah, Ogodeide 211 Kafilah, Basidondo 150 Kafilah, Dondo 200 Kafilah, Dampal Utara 164 Kafilah serta Dampal Selatan 117 Kafilah dan dari Utusan Kafilah terbanyak datang dari Tuan Rumah Kecamatan Galang yakni mengutus 251 kafilah.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukiman beduk oleh Bupati Tolitoli diikuti oleh seluruh Camat, pengibaran bendera LPTQ diiringi Mars MTQ dan penyulutan kembang api.

Kepada seluruh kafilah yang meraih juara umum Bupati Hi. Moh Saleh Bantilan menjanjikan hadiah umrah sedangkan untuk peraih predikat juara I, II dan III pada seluruh jenis cabang yang dilombakan, Bupati akan memberikan bonus uang masing-masing 1 juta rupiah.

Bupati juga berharap, M.T.Q kali ini bisa menjadi awal untuk membangkitkan kembali Kabupaten Tolitoli pada peringkat tertinggi dalam ajang M.T.Q Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara pembukaan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi Abd. Rahman Hi Budding, Wakil Bupati Tolitoli ke-4 Amran Hi Yahya, Sekretaris Daerah selaku Ketua LPTQ Kabupaten Tolitoli Drs. Hi Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh.

Randi Saputra, AR bersama Wakil Ketua dan sejumlah Anggota, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah Pejabat Pemda Tolitoli, Kepala Kantor Kementerian Agama, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN Dan BUMD Kabupaten Tolitoli, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tolitoli, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli,Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tolitoli, Ketua Gabungan Organisasi Wanita serta seluruh Ketua Organisasi Kewanitaan lainnya, seluruh Dewan Hakim, Panitera, Official Serta Seluruh Kafilah.

(Samsul)

Sumber:Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *