Bupati Budiman Hadiri Natal Bersama ASN, TNI, Polri Dan Masyarakat Lutim

oleh -44 views

LUTIM, RRN – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri Perayaan Natal Bersama ASN, TNI, POLRI, Umat Kristen Se-Kabupaten Luwu Timur yang digelar di Lapangan Sepakbola Desa Maleku, Kecamatan Mangkutana, Sabtu (03/12/2022).

Acara natal bersama se-Kabupaten Luwu Timur ini merupakan perayaan Natal yang melibatkan seluruh ASN, TNI dan Polri serta umat kristiani yang tergabung dalam Forum Kerjasama Gereja (FKSG).

Natal bersama ini sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi covid 19. Tema yang diangkat pada perayaan natal tahun ini mengacu pada tema natal Nasional yakni : “Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain” yang dikutip dari Injil Matius 2 : 12.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat natal kepada seluruh ASN, TNI dan Polri serta umat kristiani di Lutim yang merayakan natal.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, serta atas nama pribadi dan keluarga, menyampaikan Selamat Hari Natal Tahun 2022 kepada segenap Umat Kristiani di Kabupaten Luwu Timur dan selamat menyongsong Tahun Baru 2023,” ucap Bupati.

“Saya berharap perayaan Natal tahun ini semakin menguatkan kebersamaan dan kekeluargaan, serta rasa persatuan dan kesatuan, antara Umat Kristiani dengan Pemerintah dan juga bagi seluruh masyarakat untuk bersama membangun Kabupaten Luwu Timur yang lebih baik,” tambah Budiman.

Terkait tema Natal Nasional tahun ini, Bupati Budiman mengatakan, tema Natal ini menginspirasi untuk memperbaharui pola pikir dan sikap untuk senantiasa optimis dalam menjalani hidup, dengan demikian kita senantiasa dimampukan menemukan “jalan lain”/solusi dalam menghadapi tantangan maupun hambatan dalam perjalanan hidup kita.

Bupati juga menyampaikan sejumlah program Pemerintah daerah Luwu Timur yang sedang berjalan antara lain : program 1 kamar 1 pasien, 1 miliar 1 desa dalam bentuk bantuan keuangan desa (BKK), bantuan sosial keagamaan untuk guru sekolah Minggu dan wisata religi, bantuan pembangunan rumah ibadah, beasiswa gratis untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi, serta sejumlah program lainnya yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Lutim.

“Khusus untuk beasiswa, syarat dan ketentuan sudah jelas, tidak perlu kirim WA ke Bupati agar bisa dapat beasiswa, kalau persyaratan dipenuhi maka mahasiswa bersangkutan pasti dapat,” tandas Bupati Budiman.

Sementara Ketua Forum Kerjasama Gereja-Gereja se-Kabupaten Luwu Timur, Pdt. Yorim R. Karoma, S.Th dalam sambutannya mengapresiasi program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Luwu Timur yang tidak biasa namun tepat sasaran.

Ketua FKSG Lutim ini menilai Budiman merupakan Bupati yang pemberani, karena sudah ada beberapa program yang beliau lakukan melalui jalan lain seperti bunyi tema natal.

“Terima kasih kepada bapak Bupati yang terus berkreasi dan berinovasi dalam mengayomi dan menjadi pelayan bagi semua tanpa membeda-bedakan,” ucapnya.

“Membangun Luwu Timur membutuhkan kreativitas dan inovasi. Jadi mari kita terlibat mengambil bagian dari pembangunan berkelanjutan dan lebih maju tanpa memandamg suku, agama dan ras,” tandas pendeta Yorim Karoma.

Sebelumnya, Ketua Panitia Natal bersama, Jein Gloria Lengkong dalam laporannya mengatakan bahwa, Natal tahun 2022 ini adalah natal yang tertunda dua tahun silam karena pandemi covid19 yang baru bisa dilakukan sekarang.

Adapun pembiayaan dalam kegiatan ini Natal ini bersumber antara lain ; ASN dan Upah Jasa se Lutim, Pemkab Lutim, Kepala Desa, PT. Vale Indonesia serta beberapa Donatur yang ikut menyumbang baik dalam bentuk dana maupun fasilitas termasuk air minum kemasan.

“Selaku ketua panitia, saya mewakili seluruh panitia natal mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasi seluruh pihak yang sudah mengambil bagian dan turut membantu dalam kegiatan ini sehingga semua berjalan dengan lancar,” tandas Jein Gloria.

Pendeta Jetroson Rense,M.Th, sekretaris umum Sinode GKST yang hadir menyampaikan firman pada ibadah natal, mengulas tema natal Nasional yang jadi rujukan umat Kristen tahun ini dalam perayaan Natal.

“Tema ini sangat strategis bagi kita umat kristiani khususnya di Luwu Timur untuk memperbaharui kehidupan kita yang lama yang tidak berkenan kepada Tuhan, dan menjadi manusia baru, memiliki jalan baru serta tidak lagi mengikuti jalan lama yang penuh kepalsuan,” tandas Pdt. Jetroson Rense.

Sekum GKST ini juga mengapresiasi Pemda dan masyarakat Lutim yang bisa mempersatukan seluruh masyarakat dari berbagai denominasi gereja dalam sebuah wadah persekutuan dan menggelar natal bersama.

Perayaan Natal bersama ini juga dimeriahkan dengan penampilan peserta Paduan suara Pria Pesparawi Nasional XIII Jogjakarta 2022, dimana Lutim yang mewakili Sulsel sukses meraih medali emas, sedangkan Vocal group remaja meraih perak.

Tampak hadir, Anggota DPRD Lutim Leonard Bongga, Efraem, dan Andi Surono, perwakilan TNI/POLRI, perwakilan Kajari dan Ketua Pengadilan, beberapa Kepala OPD, beberapa Camat, para Kepala Desa, Sekretaris Umum GKST, Pdt. Jetroson Rense, M.Th, para pimpinan Gereja, para Pendeta, para Pastor dan manajemen PT. Vale.

(rhj/ikp-humas/kominfo-sp/AHs/Fadel A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *