Aparat Pemda Tolitoli Diberi Pembekalan Inventarisasi Barang Milik Daerah

oleh -

TOLITOLI, RRN—Kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan Inventarisasi Barang Milik Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding Pada senin pagi (21/10) di Aula Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD).

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding  dalam sambutannya mengatakan aset dan barang merupakan sumber daya ekonomi milik Daerah yang mempunyai peran dan fungsi yang strategis bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Aset yang ditata dan dikelola dengan baik dapat menjadi potensi sebagai sumber pembiayaan pelaksanaan fungsi Pemerintah Daerah, selain dapat pula meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD dalam jumlah dignifikan, namun jika tidak dikelola dengan semestinya keberadaan aset juga menjadi beban karena sebagian dari aset membentuk biaya perawatan dan pemeliharaan yang terdepresiasi seiring dengan perjalanan waktu.

Inventarisasi barang milik Daerah merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan dalam penyusunan laporan keuangan daerah, karena pelaksanaannya harus dilakukan secara baik, tertib dan sistematis. Untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah Daerah perlu mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola aset Daerah sesuai dengan peraturan, efektif, efesien, transparan dan akuntabel, agar laporan keuangan menuju Good Goverment atau pemerintah yang baik.

Wakil Bupati mengharapkan agar seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan dengan seksama dan sungguh-sungguh agar dapat mencermati dan melaksanakan segala aturan dalam pengelolaan barang, sehingga dapat memahami dengan baik dan melaksanakannya dengan benar.

Opini bahkan pemeriksaan keuangan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah. Terlebih lagi dengan beberapa tahun ini masih meraih opini wajar dengan pengecualian atau WDP dari BPK dengan harapan untuk mencapai WTP merupakan kebanggaan sekaligus tantangan bagi seluruh aparatur Pemerintah Daerah Tolitoli untuk meningkatkan kinerja tidak terkecuali dengan penataan usaha Aset Pemerintah Daerah.

Sosialisasi ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Narasumber dari perwakilan BPKP Propinsi Sulawesi Tengah beserta rombongan Bawana Adi, SE, M.AP, Kepala Pertanahan Kabupaten Tolitoli selaku penerima Sertipikat hak pakai Pemerintah Kabupaten Tolitoli Tahun 2019 Nurdin, S.ITM. AP, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lainnya, Pejabat Administrator dan pengawas dilingkungan pemerintah Kabupaten Tolitoli, para peserta sosialisasi dan pembekalan.

(Syamsul)

Sumber : Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *