Antisipasi Konflik Sosial Akibat Pandemi Covid-19, Polres Tolitoli Gelar TFG

oleh -139 views

TOLITOLI, RRN—Menghadapi serta mengantisipasi dampak mewabahnya pandemi covid-19, Polres Tolitoli laksanakan simulasi Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka menghadapi kontijensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19, Senin (20/4/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Jananuraga Polres Tolitoli ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tolitoli yang juga sebagai Direktur Latihan TFG AKBP Hendro Purwoko SIK MH didampingi Waka Polres Tolitoli juga sebagai Narasumber Kompol Abdul Haris Saleh SH serta Moderator Kabag Ops Kompol Margiyanta SH.

Simulasi TFG ini selain diikuti serta disimulasikan oleh para Pejabat Utama Polres Tolitoli, juga turut serta Kodim 1305/BT, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tolitoli, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Pol PP serta RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli.

Kapolres Tolitoli dalam arahannya memaparkan TFG ini diselenggarakan terkait perkembangan Covid-19 di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Tolitoli untuk langkah-langkah yang telah diambil dalam penanganan, antisipasi dan upaya penanggulangan penyebaran covid-19 di Kabupaten Tolitoli.

“Kami hanya ingin menyatukan persepesi langkah tindak kita. Dimana latihan ini kita lakukan dalam rangka menghadapi situasi saat ini yang kita alami yaitu penanggulangan covid-19” kata Kapolres Tolitoli.

ed0f95a8-0caf-4e97-b84e-863db5af598e
“Dalam skenario latihan ini akan disesuaikan dengan hal-hal kemungkinan secara realita mungkin akan terjadi” tambahnya.

Selain itu, TFG ini untuk penggambaran taktis lapangan dalam Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) guna persiapan Personil Polres Toltioli serta instansi terkait dalam upaya tanggap eskalasi gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid–19) di Kabupaten Tolitoli.

Lanjutnya Kapolres Tolitoli mengatakan, kemungkinan terburuknya yakni akan terjadi penolakan terhadap jenazah yang positif Covid-19.

“Maka perlu kiranya sinergitas kita antara stake holder yang terkait dalam menangani setiap perubahan situasi kontijensi, secara cepat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujarnya.

Usai arahan dari Kapolres Tolitoli, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan TFG dan pemaparan dari Kabag Ops Polres Tolitoli, terkait cara bertindak personil di lapangan yang dijelaskan lebih rinci, oleh tiap-tiap Kasatgas atau Tim dalam rangka Simpamkota penanganan Pandemi Covid–19.

(Syamsul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *