Tingkatkan Kompetensi, DPK Lutim Gelar Bimtek Bagi Pengelola Perpustakaan Tingkat SD dan SLTP

LUTIM, RRN – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Pengelola Perpustakaan Tingkat SD dan SLTP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur menggelar bimbingan teknis yang berlangsung di Gedung Layanan Perpustakaan DPK Lutim, Selasa (07/11/2023).

Bimtek dibuka Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani didampingi Kepala DPK Lutim, Satri, Kepala Bidang Perpustakaan, Dinar Husnayaini serta dihadiri para pengelola perpustakaan, para pustakawan, tenaga teknis DPK Lutim, narasumber dari DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Siti Aliyah dan Nirma.

Dalam rahannya, Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani mengatakan saat ini perpustakaan telah bertransformasi, dimana perpustakaan bukan hanya sebagai tempat menyediakan bahan bacaan namun kini dibutuhkan yang dapat menyediakan informasi yang up to date.

“Maka sangat diperlukan bagi pengelola perpustakaan sekolah tingkat SD dan SMP meningkatkan kapasitasnya melalui bimtek ini,” kata Nursih Hariani.

Menurutnya, perpustakaan sekolah juga memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai serta sikap siswa dan guru dalam peningkatan mutu melalui penyediaan bahan pustaka dan fasilitas lainnya seperti ruang baca, bantuan pencarian informasi dan sebagainya.

“Keinginan siswa untuk datang ke perpustakaan sekolah masih rendah dikarenakan kondisi perpustakaan yang kurang menarik, sehingga dalam bimtek kali ini diajarkan bagaimana memanage perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan dalam menimbah informasi,” ucap Asisten Administrasi Umum.

Terakhir, Asisten Administrasi Umum berharap kepada para pengelola perpustakaan untuk dapat merealisasikan seluruh ilmu yang diperoleh selama dua hari agar perpustakaan sekolah mampu memberikan kontribusi lebih baik dari sebelumnya.

“Oleh karena itu, bimtek ini juga sebagai jawaban atas tantangan masih rendahnya peningkatan indek literasi masyarakat khusunya di Kabupaten Luwu Timur,” tutupnya.

(dew/ikp-humas/kominfo-sp/AHs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *