Sungai Malili Memperihatinkan dan Terancam Darurat Sampah, Ini Yang Dilakukan BPBD Lutim!

LUTIM, RRN – Kondisi sungai Malili cukup memperihatinkan. Tumpukan sampah rongsokan kayu ditemukan disepanjang aliran sungai, Jumat (23/02/24).

Lanjut, Kondisi ini direspon cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur.

Dan selain mengerahkan Tim Reaksi Cepat, BPBD membangun kolaborasi dengan Damkar, Satpol PP, dan sejumlah stakeholder terkait.

“Kami juga melakukan koordinasi ke Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS) di Makassar dan melaporkan perlunya dibantu Safety Sungai Malili yang terancam darurat sampah rongsokan kayu dari hulu sungai saat hujan di hulu,” ujar dr April melalui pesan WhatsApp.

Ia berharap, BBWS memberikan respon cepat dan ikut menindaklanjuti kondisi sungai Malili saat ini. Sebab, upaya penyematan sungai Malili sangat penting.

“Sembari menunggu tim BBWS, kita tentu melakukan pembersihan sungai. Saat ini tim sudah siap siaga untuk bergerak melakukan pembersihan sungai,” ungkapnya.

Selain memastikan kondisi pasang surut air, tim gabungan di Desa Baruga sudah bersiap. “Insyaallah tim diberikan kesehatan dan keselamatan,” tutup dr April dengan doa.

(***)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *