SMA Negeri 4 Barru, Laksanakan Metode Pengurangan Sampah Plastik Dengan Menggunakan Wadah Gelas

oleh -

BARRU, RRN- Kepala SMA Neg. 4 Barru Rosman, S.pd, MM menuturkan kepada wartawan radarreportasenews. co.id senin (16/9/2019), bahwa dalam rangka melaksanakan metode pengurangan sa mpah plastik dilakukan dengan cara menyiapkan atau menempatkan Dispenser dan galon yang menggunkan kran disetiap ruang kelas.

Yang nantinya siswa tinggal membeli air galon dan Masing-masing siswa membawa wadah (gelas) dari rumahnya untuk mereka gunakan meminum air .

Untuk pembelian air galon persiswa memberikan sumbangan sebesar 1000 rupiah artinya bila siswa ada 25 orang dalam satu ruangan berarti uang terkumpul 25 ribu perkelasnya.

Sedangkan harga air hanya 5000 rupiah/galon, artinya lima galon yang bisa dibeli dalam setiap kali menyumbang, namun yang mereka habiskan hanya 2 galon per dua hari, berati yang 5 galon ini bisa sampai lima hari digunakan .

Tujuan dilaksanakan metode seperti ini agar beban biaya siswa berkurang dan secara perlahan-lahan tidak membeli air gelas, artinya dengan sangat signifikan sekali terhadap pengurangan penggunaan air gelas selama diterap kan metode seperti ini,”ujar Rosman”.

Saat ini jumlah siswa yang dibina sebanyak 350 orang, dengan menggunakan ruang kelas belajar 14 Rombel, tenaga pengajar 22 guru ASN dan 8 tenaga pengajar yang masih Honorer .

Untuk pasilitas lainnya yakni 1 ruang Lab.IPA, 1 ruang lab. Kimia, 1 ruang lab. biologi, 1 ruang lab.Komputer, 1 ruang perpustakaan, 35 unit kumputer ditambah dengan bantuan baru – baru ini berupa komputer sebanyak 20 unit,ber arti saat ini sudah memiliki 55 unit komputer yang masih aktif dan Mushollah satu buah.

Alhamdulillah dengan bertambahnya 20 unit komputer maka untuk pelaksanaan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) sudah bisa dilaksan akan dua sesi, yang sebelumnya sampai 3 sesi sebelum mendapatkan bantuan .

Sementara untuk bidang olahraga dan Atlit sekolah kami banyak mensuplei pemain Polly baik yang diselenggarakan tingkat kabupaten maupun ditingkat propinsi.

Baru-baru ini sekolah kami yang mewakili kabupaten Ba rru untuk mengikuti perlombaan O2SN dimakassar dari hasil seleksi tingkat kabupaten di lima cabang olah raga Atletik.

Jika melihat dari beberapa prestasi yang diperoleh setiap aven-even yang dilaksanak an sering mendapat juara baik ditingkat kabupaten maupun tingkat provinsi sehingga sekolah kami ini cukup di perhitungkan,”cetus Rosman”.

Namun yang sangat kami harapkan kepada pemerintah ad alah merehab beberapa gedung utama yang sudah lama dibangun kurang lebih 20 tahun yang lalu termasuk gedung kantor dan perpustakaan, harap Rosman.

(GAZALI RASYID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *