Kadis Kominfo Soppeng: Keterbukaan, Partisipasi Dan Akuntabilitas , Badan Publik Haruslah Membuka Dirinya

oleh -

SOPPENG, RRN —– Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng,Drs.Sarianto,M.Si menegaskan bahwa, Badan Publik harus membuka dirinya dalam mempublikasikan informasi program, kegiatan dan kebijakan yang akan dan sedang dilaksanakan.

“Sebagaimana kita pahami bersama,Keterbukaan, Partisipasi dan Akuntabilitas Badan Publik telah menjadi prasyarat dalam mendukung tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu badan Publik haruslah membuka dirinya,”kata Sarianto saat memberikan sambutan pada kegiatan Orientasi Kehumasan, Kamis (7/11/2019) diruang Pola Kantor Bupati Soppeng.

Menurutnya, informasi yang dimiliki masyarakat juga dapat memperkaya berbagai kebijakan pemerintah.

Hubungan antara pemerintah dan masyarakat yang selama ini bersifat top down menjadi terbuka untuk komunikasi dua arah, sehingga keterbukaan informasi publik menjadi media dalam mengontrol dan mengevaluasi reformasi birokrasi,”jelasnya”.

“Untuk mengoptimalkan penyebaran informasi terkait kebijakan ataupun program kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah, Pemerintah Daerah Soppeng butuh kerjasama baik dengan Media maupun dengan seluruh SKPD, Desa dan Kelurahan yang bertindak sebagai sumber informasi”,harap Sarianto.

Terakhir ia berharap, melalui Orientasi Kehumasan ini, dapat menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengelola informasi dan merespon penayangan informasi yang ditujukan kepada publik dengan cepat sesuai dengan kaidah-kaidah Jurnalistik,tutup Sarianto Kadis Kominfo Soppeng.

Pada kegiatan ini pembawa materi terkait Strategi Humas dalam menghadapi Masmedia adalah Ketua PWI Soppeng,FAS Rachmat Kami,S.Sos, sementara materi tentang orientasi kehumasan dibawakan oleh Andi Mull Makmun Ketua IWO Soppeng.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh para Humas SKPD,Kecamatan, Kelurahan dan Desa sebanyak 110 orang.

(Rosha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *