Ini Respon Polsek Sangalla Sikapi Warganya Yang Terkonfirmasi Positif Covid

oleh -86 views

TANA TORAJA, RRN — Pasca penetapan salah satu warga Lembang Raru Sibunuan terkonfirmasi positf covid melalui rilis resmi satgas covid Tana Toraja pada Jumat (29/05/2020) kemarin, Polsek Sangalla langsung melakukan koordinasi dengan kepala lembang Raru Sibunuan.

Atas perintah lisan Kapolsek Sangalla Polres Tana Toraja AKP. Yosef Dendang, sekitar pukul 10.30 wita, 2 orang personil, Aipda Nasrum dan Bripka Sukardi SH pun lantas menyambangi kepala lembang Raru Sibunuan Gregorius Andi Bandaso dengan tujuan untuk berkoordinasi terkait langkah langkah selanjutnya yang akan dilakukan bersama dalam rangka mencegah penyebaran covid di Lembang Raru Sibunuan usai ditetapkannya salah satu warga Lembang positif menderita covid 19.

Personil Polsek Sangalla yang menyambangi kepala Lembang Raru Sibunuan, menyampaikan sekiranya protokoler kesehatan pencegahan covid -19 kembali di massifkan penyampaiannya kepada warga.

Begitu pula lalu lintas keluar masuknya orang ke dalam Lembang Raru Sibunuan, anggota Polsek Sangalla ini juga menyampaikan agar setiap warga yang terdeteksi punya riwayat pernah berkunjung ke daerah zona merah penyebaran covid seperti makassar, di himbaukan agar segera lapor diri ke tim pencegahan covid dan lakukan pemeriksaan kesehatan secepatnya sebagai upaya pencegahan dini.

Perlu diketahui, salah satu warga Raru Sibunuan yang terkonfirmasi positif menderita covid memiliki riwayat pernah berkunjung ke Makassar, dan sebagaimana yang dirilis oleh satgas covid 19 Tana Toraja, warga tersebut pernah kontak erat dengan seorang pasien covid.

Berikut kutipan konfirmasi dari satgas covid Tana Toraja yang di rilis melalui Berthy Mangontan dan dr. Syarif Mangopo, Direktur RSUD Lakipadada.

” Pasien 05 (Perempuan, 52 tahun) alamat Lembang Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla, dengan riwayat pada tanggal 20 Mei 2020 datang dari Makassar dengan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Makassar sehingga berdasarkan hasil surveilans maka ditetapkan statusnya OTG (Orang Tanpa Gejala) dan dilakuan pemeriksaan Swab. Sambil menunggu hasil Swab, Pasien juga sudah ditempatkan di sementara di RSUD Lakipadada pada ruangan/gedung bagian belakang Rumah Sakit “. Demikian kutipan dari rilis resmi Satgas Covid Tana Toraja.

Sehubungan dengan hal ini, Kapolsek Sangalla AKP. Yosef Dendang menghimbau kepada warga agar tidak panik maupun resah secara berlebihan.

” Yang perlu dilakukan adalah kita harus tetap disiplin menerapkan pola physical distancing, kita tingkatkan proteksi diri dengan mematuhi pola jaga jarak aman, gunakan masker, dan rajin bersih bersih seperti cuci tangan dengan sabun usai beraktifitas, sedapat mungkin menghindari kerumunan, dan yang paling penting adalah kita saling menjaga dan saling mengingatkan “. Himbau Yosef Dendang.

Penderita covid di Lembang Raru Sibunuan ini merupakan penderita pertama yang terkonfirmasi untuk wilayah kecamatan sangalla sejak pandemi Corona berlangsung, terkait hal ini, Kapolsek mengajak semua warga untuk memberikan semangat kepada warga tersebut yang saat ini mejalani perawatan di RSUD Lakipadada.

(Vinha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *