DPW L-KONTAK Laporkan Kinerja Kepala Desa Papakaju Kabupaten Luwu Ke Kejaksaan

oleh -252 views

LUWU, RRN—Kinerja Kepala Desa Papakaju, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Luwu, atas dugaan kesalahan penempatan prioritas Penggunaaan Dana Desa berdasarkan kewenangan Desa dan Mark-up anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018, 2019, dan 2020 oleh Dewan Pengurus Wilayah Lembaga Komunitas Anti Korupsi (DPW L-KONTAK) Kabupaten Wajo.

Andi Syahril, Ketua DPW L-KONTAK Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, Laporan Pengaduan tersebut terkait dugaan perbuatan melawan hukum pada penggunaan Dana Desa.

“Dalam Laporan Pengaduan ini, Lembaga kami menduga Kepala Desa Papakaju telah menyalahgunakan kewenangan Desa berdasarkan asal usul kewenangan lokal berskala Desa terkait pemanfaatan atau Penggunaaan yang wajib untuk Dana Desa,” ungkap Andi Syahril.

Dia mengatakan, Tata Cara penetapan kewenangan Desa telah diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan telah diubah dengan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa khususnya Pasal 37.

“Lembaga kami menduga Kepala Desa Papakaju tidak memilki kewenangan terhadap beberapa kegiatan yang anggarannya bersumber dari Dana Desa ditempatkan pada kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu, dan ini sangat berbahaya menyangkut asaet Desa itu nantinya,” tegas Andi Syahril.

Andi Syahril juga mengatakan, jika pada beberapa kegiatan yang dimaksud, lembaganya menduga terjadi kemahalan harga.

“Tim kami telah melakukan analisa dan perhitungan berdasarkan hasil monitoring pelaksanaan anggaran Dana Desa Papakaju Tahun Anggaran 2018, 2019, dan 2020 yang kami duga terjadi Mark-up anggaran,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Laporan pengaduan sudah diteruskan lembaganya ke Kejaksaan Negeri Luwu untuk segera dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan.

“Kami akan tunggu kinerja teman-teman di Kejaksaan Negeri Luwu. L-KONTAK akan terus mengawalnya,” tutupnya.

(tiem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *