Dosen Jurusan Kimia Fakultas MIPA UNM Laksanakan PKM Pembuatan Hand Sanitizer Dari Daun Kersen Ke Peserta Didik SMAN 6 Gowa

oleh -90 views

GOWA, RRN – Salah satu tridarma perguruan tinggi adalah melaksanakan pengabdian masyarakat. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara terpadu oleh tim dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Erwin Sanjaya, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 6 Gowa, Sabtu (5 Agustus 2022) di SMAN 6 Gowa.

Lanjut, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNM, Dr. Muhammad Anwar M.Si sekaligus memberikan sambutan mewakili tim pengabdi Jurusan Kimia FMIPA UNM, kegiatan ini juga dihadiri oleh guru Sekolah SMAN 6 Gowa.

Dan PKM Pembuatan Hand Sanitizer dari Daun Kersen diketuai oleh Suriati Eka Putri, S.Si, M.Si dengan anggota Prof. Pince Salempa, M.Si. dan Gusma Harfiana Abbas, S.Si, M.Si. Adapun peserta pelatihan dalam kegiatan ini adalah para siswa SMAN 6 Gowa yang memperoleh kesempatan untuk bisa membuat hand sanitizer dari bahan alam yaitu daun kersen.

Kegiatan Pemaparan Materi Proses Pembuatan Hand Sanitizer dari Daun Kersen

Dalam pemaparan materi tersebut disampaikan bahwa pembuatan hand sanitizer dari bahan alami tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Selain lebih ekonomis, bahan alami juga lebih aman untuk digunakan sehari-hari dan mudah diperoleh.

Daun kersen secara alami memiliki bahan aktif yang berguna sebagai antiseptik dan antioksidan, sedangkan jeruk nipis bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan dan memiliki aroma yang khas. Selanjutnya, dijelaskan tahapan dalam pembuatan hand sanitizer dari daun sirih dengan prosedur pembuatan yang lebih mudah dan efisien untuk dilakukan di rumah.

Pada kegiatan ini peserta didik juga melakukan praktek pembuatan hand sanitizer dari daun kersen yang didampingi oleh tim pengabdi.

Praktek pembuatan Hand Sanitizer dari Daun Kersen

Produk hasil pembuatan hand sanitizer dari daun kersen ditunjukkan pada Gambar berikut:

(Hardin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *