Belasan Rumah Warga Masyarakat Tertimbun Tanah Terkesan Di Diamkan

oleh -163 views

MORUT, RRN—Sungguh begitu kejam pemborong jalan memporak-porandakan Rumah-rumah warga masyarakat yang tinggal di dusun Karwasa yang sengaja ditimbun dengan galian tanah tanpa ada musyawarah ganti ruginya dimana letak pertanggung jawaban pemerintah dan pihak Kontraktor terhadap pemilik Rumah yang sudah dirugikan itu?.

Menurut keterangan “yuser Hamid Wile” Kepala dusun Karwasa itu ada belasan rumah warga yang sudah tidak bisa di tempati lagi akibat galian tanah, juga itu sebagianya tertimbun galian tanah pada sa’at alat Exafator sedang melakukan penggalian/pengatingan, imbasnya ke rumah warga yang di timbunkan tanah, sehingga warga masyarakat tersebut sekarang ini memilih tinggal di kebun karna kehilangan tempat tinggalnya di kampung ungkap Kepala dusun jelas.

Sejumlah warga masyarakat pemilik rumah yang sudah tidak bisa di tempati (rusak) semua itu akibat dari dampak pekerjaan jalan jurusan desa Lemowalia, dan sampai sekarang ini tidak mendapat ganti rugi dari pihak Kontraktor pembuat jalan, berikut ini nama-namanya: 1.Suji,2.Ring 3.Yuo 4.Daut 5.Ndinge 6.Nindu 7.Bea 8.Amir 9.Dedi S. 10.Ifun 11.Ding 12.Gitu 13.Kede G. 14.Noni 15.Tini 16. Layo.

Hasil pantauan media ini di lapangan benar-benar miris melihat kondisi rumah warga masyarakat di Dusun Karwasa, seharusnya pemerintah mensikapi hal yang menimpa warga masyarakat yang bermukim di dusun Karwasa bukanya membiarkan warga yang kehilangan tempat tinggal ungkap sejumlah BPD Uempanapa belum lama ini.

BPD desa Uempanapa mengungkapkan hal persoalan rumah tinggal warga yang bermukim di dusun Karwasa itu adalah upaya dari pemerintah untuk membuat rumah pemukiman warga masyarakat pedalaman agar masyarakat pedalaman yang masih bertempat tinggal di lereng pegunungan dapat tinggal berkampung menjadi masyarakat yang baik, serta menyekolahkan anak-anak mereka sebagaimana dengan anak-anak kita jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tirongan Atas di hubungi oleh media ini melalui telfon selulernya minggu (31/5/2020) terkait hal rusaknya belasan rumah warga di dusun Karwasa sangat menyesalkan pihak pemborong jalan yang tidak bertanggung jawab atas rumah warga yang sudah rusak tertimbun tanah, Iapun merasa bingung karna pihak pemborong jalan susah di temuinya, hanya orang lapangan ia sudah temui namun hanya banyak berjanji memperbaiki dan sampai saat ini masih belum ada realisasinya ucap Kepala desa Tirongan Atas.

Untuk itu harapkan kami BPD desa Uempanapa agar pemerintah daerah kabupaten Morowali utara segera berupaya untuk memikirkan nasib warga dusun Karwasa yang kehilangan tempat tinggal (Rumah) karna sudah memakan waktu yang lama belum di pertanggung jawabkan oleh pemborong jalan, tolong jangan sampai hanya di diamkan begitu saja ini warga masyarakat kita juga dan sudah cukup resah tutupnya.

(NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *